Enam Penambang Emas di Solsel Tertimbun Longsor

Enam Penambang Emas di Solsel Tertimbun Longsor Ilustrasi (Ist)

Covesia.com - Enam penambang emas ilegal tertimbun material tanah longsor, di Nagari Abai Kabupaten Solok Selatan, Sumbar, Senin (11/1/2021) malam. Dari jumlah korban, dua penambang selamat dan hanya mengalami luka-luka. Sedangkan dua penambang dinyatakan meninggal dunia dan dua lainnya masih dalam pencarian Tim SAR gabungan yang melibatkan Basarnas, Polri, TNI dan masyarakat.

Kepala Kantor SAR Padang, Asnedi menyebutkan pihaknya mendapat laporan ada kejadian membahayakan jiwa manusia di Nagari Abai dari BPBD Solok Selatan. Sekarang, tim sedang menuju lokasi.

"Kami menerima laporan bahwa ada enam penambang emas tertimbun longsor dari BPBD Solok Selatan. Dari datanya, dua Selamat, dua meninggal dunia, dua lagi masih dalam pencarian," kata Asnedi, Rabu (13/1/2021). 

Dalam laporan tersebut, diperkirakan kejadian terjadi pada Senin (11/1/2021) pukul 20.00 WIB. Saat para penambang hendak keluar dari lubang, tiba-tiba dinding menuju jalan keluar roboh akibat longsor. Diduga longsor ini terjadi karena curah hujan yang tinggi saat kejadian. 

"Diduga karena hujan. Akibatnya, lubang untuk Jalan keluar jadi tertutup karena longsor. Sekarang tim gabungan tengah melakukan pencarian terhadap dua orang penambang yang masih belum diketahui nasibnya," kata dia.

Sampai berita ini diturunkan, petugas gabungan masih melakukan upaya penyelamatan terhadap dua penambang yang masih dalam pencarian. Sedangkan dua jenazah penambang yang meninggal dunia telah dievakuasi. 

(agg)

Berita Terkait

Baca Juga