Ketua PN Lubuk Sikaping Lantik Forci Nilpa Darma Sebagai Wakil Ketua

Ketua PN Lubuk Sikaping Lantik Forci Nilpa Darma Sebagai Wakil Ketua (Foto: Heri Sumarno/Covesia)

Covesia.com - Ketua Pengadilan Negeri (PN) Lubuk Sikaping, Cut Carnelia secara resmi melantik dan mengambil sumpah jabatan terhadap Wakil Ketua Pengadilan Negeri Lubuk Sikaping yang baru yaitu Forci Nilpa Darma, SH, MH yang dilaksanakan di aula Pengadilan setempat, Jumat (8/1/2021).

Dalam acara tersebut turut hadir Ketua Pengadilan Agama Nongliasma, Kepala BPBD Pasaman, Ricky Riswandi, serta jajaran Hakim dan karyawan Pengadilan Negeri Lubuk Sikaping.

Dalam sambutannya, Ketua Pengadilan Negeri Lubuk Sikaping, Cut Carnelia mengatakan bahwa kehadiaran wakil ketua ini sudah sangat ditunggu-tunggu dalam rangka menunjang kegiatan di Pengadilan Negeri Lubuk Sikaping. 

"Kehadiran Bapak Wakil Ketua ini sangat kita tunggu-tunggu. Sebab sudah sangat lama posisi ini dalam keadaan kosong. Sementara tugas dan kegiatan sangat banyak yang perlu kita bersamakan," ungkap Cut Carnelia.

Cut Carnelia mengatakan prestasi yang diraihnya itu dalam lomba pelayanan terpadu satu pintu kategori Pengadilan Negeri kelas II yang diselenggarakan oleh Dirjen Badan Peradilan Umum Jakarta.

"Alhamdulillah berkat kerja keras kita bersama berhasil meraih prestasi ini dengan juara harapan III Nasional sebagaimana yang tercantum dalam piagam penghargaan dengan nomor : 821/DJU/SK/HM/02.3/8/2020," terang Ketua Pengadilan Negeri Lubuk Sikaping, Cut Carnelia.

Cut Carnelia meyampaikan sudah banyak yang dilakukannya dengan berbagai inovsi di Pengadilan Negeri Lubuk Sikaping dibawah dua tahun kepemimpinannya.

"Berbagai Inovasi layanan terus kita tingkatkan dalam menunjang dan mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan di Pengadilan Negeri Lubuk Sikaping. Pada intinya kami berupaya semaksimal mungkin setiap masyarakat yang datang kesini merasakan kenyamanan dengan fasilitas yang kami berikan. Diantaranya memberikan ruang tunggu tamu yang nyaman yang dilengkapi dengan tempat minum kopi secara gratis. Jadi setiap masyarakat yang datang kesini bisa duduk santai diruang tunggu dengan disuguhkan minuman gratis," katanya.

Ia juga mengaku sudah menyediakan klinik kesehatan gratis yang diperuntukan bagi setiap tamu yang merasa kurang sehat untuk memeriksakan kesehatannya.

"Selama ini klinik kesehatan ini memang ada. Akan tetapi belum maksimal karena tidak ditopang oleh tenaga medisnya. Alhamdulilah berkat bantuan Dinas Kesehatan Pasaman saat ini sudah ada tenaga medis lengkap dengan obat-obatannya bertugas di klinik kesehatan ini. Jadi bagi setiap masyarakat yang merasa kurang enak badan maupun sakit ringan bisa berobat langsung disini," katanya.

Disamping itu kata dia pihaknya juga menyediakan kursi dan jalur khusus bagi warga difabel yang datang ke Pengadilan Negeri Lubuk Sikaping itu.

"Ada ruangan ibu menyusui, taman bermain anak, tempat charger gratis, dan ruangan yang nyaman. Jadi bagi anak-anak yang datang kesini bisa bermain dengan berbagai wahana permainan disamping halaman kantor. Kemudian kita juga sudah tata dengan baik lapangan parkir, kantin dan musholla. Sehingga masyarakat bisa mendapatkan layanan terbaik saat kesini," katanya.

Selanjutnya kata dia pihaknya juga menyediakan aplikasi khusus aduan masyarakat yang bernama Siwas dan situs pengurusan surat keterangan Eraterang.com.

"Jadi masyarakat bisa memberikan aduan jika ada pelayanan kami yang kurang baik melalui aplikasi Siwas tersebut. Kemudian bagi warga yang mau mengurus surat keterangan bisa langsung masuk ke situs Eraterang.com. Jadi tidak perlu lagi antri disni. Bisa diakses dari rumah atau tempat kerja dan tinggal mengambis berkas suratnya yang sudah siap ke sini," katanya.

Saat ini kata dia Pengadilan Negeri Lubuk Sikaping merupakan salah satu di Sumatera Barat yang diusulkan untuk mendapatkan predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) tahun 2020 ini.

"Kita berharap dengan diusulkannya pencanangan WBK ini bisa kita raih dengan baik. Mohon doa dan dukungan bersama. Jika ini tercapai, berarti Pengadilan Negeri Lubuk Sikaping satu-satunya instansi vertikal yang pertama memperoleh predikat WBK di Pasaman," katanya.

Cut Carnelia mengatakan saat ini tugas yang sedang terkendala yaitu mewujudkan Pengadilan Negeri Lubuk Sikaping memperoleh predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) yang menjadi tugas serius kedepannya.

"Semoga kita semua dilimpahkan kesehatan dan kekuatan serta kekompakan dalam mengemban amanah ini kedepannya. Saat ini juga saya mohon izin pamit untuk bertugas ditempat yang baru sebagai Ketua PN Kuala Simpang, Aceh," ungkapnya.

Sementara Wakil Ketua PN Lubuk Sikaping yang baru, Forci Nilpa Darma usai pelantikan menyampaikan bahwa sangat meminta dukungan dari semua pihak dalam mengemban tugas kedepannya.

"Daerah Pasaman ini memang bukan daerah baru sebenarnya bagi saya. Sebab saya sendiri asli putra Lubuk Alung, Padang Pariaman. Bahkan beberapa tahun lalu saya sempat ditugaskan di PN Madina, Sumut. Saat itu juga sudah bolak-balik ke Padang Pariaman lewat Pasaman ini," ungkap mantan Wakil Ketua PN Depok, Jawa Barat ini.

Ia sangat memohon dukungan bersama untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Pasaman di PN Lubuk Sikaping.

(hri)

Berita Terkait

Baca Juga