Pandemi Covid-19 Permintaan Pernikahan di Agam Turun

Pandemi Covid19 Permintaan Pernikahan di Agam Turun Kepala Kemenag Agam, Edy Oktafiandi (Ist)

Covesia.com - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mencatat sebanyak 4.475 pasangan pengantin yang melangsungkan pernikahan sepanjang tahun 2020.

Kepala Kemenag Agam, Edy Oktafiandi didampingi Kasi Bimbingan Masyarakat Islam, Febri Doni mengatakan sepanjang tahun 2020 tercatat sebanyak 2.236 peristiwa nikah yang berlangsung di Kantor Urusan Agam (KUA) dan 2.239 peristiwa nikah di luar KUA.

“Jadi total peristiwa nikah di tahun 2020 ini sebanyak 4.475 pasangan,” ujarnya saat dikonfirmasi Covesia.com, Sabtu (9/1/2020).

Dikatakan Kamenag, Jumlah tersebut menurun jika dibandingkan peristiwa nikah pada tahun sebelumnya yaitunya sebanyak 4.750 pasangan dengan rincian 2.435 peristiwa nikah di KUA dan 2.315 peristiwa nikah di luar KUA.

Dijelaskannya, turunnya angka pernikahan di Kabupaten Agam disebabkan adanya sejumlah kebijakan tidak boleh melaksanakan pesta pernikahan di masa pandemi Covid-19. Kebijakan tersebut diperketat  saat memasuki masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) Covid-19.

Dalam proses pernikahan pihaknya juga menerapkan kebijakan seperti menerapkan protokol kesehatan dan membatasi jumlah keluarga yang menghadiri prosesi Ijab-Qabul.

"Seluruhnya sesuai SOP protokol kesehatan Covid-19, dan alhamdulillah pengantin dan keluarga bisa mematuhinya," tutup Edy Oktafiandi.

(jhn)

Berita Terkait

Baca Juga