Tahap Awal, Pemkot Pariaman Akan Berikan Vaksin Kepada Ratusan Tenaga Kesehatan

Tahap Awal Pemkot Pariaman Akan Berikan Vaksin Kepada Ratusan Tenaga Kesehatan Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinkes Kota Pariaman, Rio Arisandi

Covesia.com - Memutus penyebaran Covid-19, untuk tahap awalnya Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), Akan memberikan vaksin kepada tenaga kesehatan sebanyak 785 orang.

"Untuk di Kota Pariaman, ada 46.583 orang yang akan diberikan vaksin dalam memutus penyebaran Covid-19," sebut Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pariaman, Rio Arisandi pada Jumat (8/1/2021).

Lanjut Rio, adapun pelaksanaan vaksinasi tersebut, pihaknya masih menunggu arahan dari Kementerian Kesehatan dan keluarnya izin EUA atau emergency use authorization (otorisasi penggunaan darura).

Namun kata Rio, pencanangan vaksinasi secara nasional dilaksanakan pada 13 Januari 2021 nanti. Sedangkan gubernur dan forum komunikasi pimpinan daerah tingkat I dilakukan 14 Januari 2021

"Tapi belum ada arahan untuk vaksinasi tingkat kabupaten dan kota," ujarnya. 

Dikatakan Rio, namun secara umum untuk mekanisme vaksinasi tahap I di kabupaten dan kota mengutamakan tenaga kesehatan yang nantinya disusul dengan pejabat setempat dan orang yang bekerja di pelayanan publik.

"Pelaksanaan vaksinasi itu terbagi ke dalam dua tahapan, yakni tahap I juga terbagi ke dalam dua tahapan, tahap pertama untuk tenaga kesehatan sedangkan tahap duanya untuk pejabat dan petugas yang bergerak di pelayanan publik," ungkapnya.

Rio menyebutkan, meskipun jadwal vaksinasi di Kota Pariaman belum diketahui, namun pihaknya telah mempersiapkan lokasi penyimpanan vaksin yaitu UPT Gudang Farmasi di Kota Pariaman dan lokasi pelaksanaan vaksinasi yaitu di tujuh puskesmas yang ada di kota tersebut dan Rumah Sakit (RS) Aisyah.

"Saat ini pemerintah fokus memberikan pengertian manfaat vaksinasi, supaya vaksinasi ini berjalan," jelasnya. 

(per)

Berita Terkait

Baca Juga