Produksi Tangkap Ikan di Kota Pariaman Alami Peningkatan

Produksi Tangkap Ikan di Kota Pariaman Alami Peningkatan Ilustrasi penangkapan ikan oleh Nelayan (Foto: dok.Covesia)

Covesia.com - Kepala Bidang (Kabid) Kelautan dan Perikanan, Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (DPPP) Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), Citrha Aditur Bahri menyebutkan, produksi tangkap ikan di kota tersebut mengalami peningkatan tahun 2020.

"Data kami, pada 2020 mencapai 6.218,5 ton, sedangkan 2019 produksi tangkap ikan di Kota Pariaman, 6.013,5 ton," sebut Citrha pada Kamis (7/1/2021).

Lanjut Citrha, tahun ini mengalami peningkat 205 ton dari 2019 lalu. Sedangkan untuk jenis ikan yang ditangkap oleh nelayan di Kota Pariaman yaitu di antaranya dari ikan tongkol krai, tongkol lisong, tenggiri, dan serai.

Dikatakan Citrha, peningkatan produksi tangkap ikan itu menurutnya, seiring bertambahnya jumlah kapal yang dimiliki nelayan serta bantuan kapal dan alat tangkap yang diberikan pemerintah kepada nelayan.

"Serta sumber daya manusia nelayannya yang ada di Kota Pariaman," ujarnya. 

Citrha menyebutkan, sekitar 2013 jumlah bagan di Kota Pariaman, hanya berjumlah tiga unit namun sekarang sudah mencapai 12 unit yang dimiliki oleh nelayan di daerah itu. 

Selain itu pada 2013 jumlah kapal tonda di Kota Pariaman hanya berjumlah tiga unit namun sekarang jumlahnya telah mencapai 16 unit.

(per)

Berita Terkait

Baca Juga