Produksi Sapi di Agam Meningkat Tahun 2020

Produksi Sapi di Agam Meningkat Tahun 2020 Ilustrasi (Dok.Covesia)

Covesia.com - Program Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri (Sikomandan) di Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) tahun 2020 melebihi target.

Kepala Dinas Pertanian (Distan) Agam, Arief Restu mengatakan, upaya peningkatan populasi sapi dan kerbau melalui Sikomandan, merupakan salah satu komitmen pemerintah dalam mewujudkan tercukupnya sumber protein hewani serta mengurangi dominasi ketergantungan pasokan daging dari luar.

"Alhamdulillah, meski di tengah pandemi target kita dalam mewujudkan Kabupaten Agam sebagai sumber protein hewani melebihi target dan tidak terlalu pada pasokan dari luar," ujarnya saat dikonfirmasi Covesia.com Selasa (6/1/2021).

Dijelaskan Arief Restu, pelaksanaan IB di 2020 terealisasi sebanyak 8.936 ekor. Jumlah ini melebihi target yang ditetapkan yaitunya sebanyak 4.896 ekor.

Sedangkan pemeriksaan kebuntingan ditargetkan sebanyak 3.044 ekor, berhasil direalisasikan 4.025 ekor. Untuk target kelahiran ternak besar terbilamg cukup tingfi  dari 4.174 ekor yang ditargetkan, terealisasi sebanyak 4.227 ekor.

"Kita selalu menekankan petugas untuk meningkatkan penyuluhan, perbaikan pakan, pelayanan kesehatan, perbaikan mutu bibit, distribusi semen beku dan pengendalian pemotongan sapi betina," tutupnya.

(jhn)

Berita Terkait

Baca Juga