Di Payakumbuh, Seluruh Vaksin Covid-19 Tahap Pertama untuk Nakes

Di Payakumbuh Seluruh Vaksin Covid19 Tahap Pertama untuk Nakes Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, Bakhrizal (Foto: Antara)

Covesia.com - Permintaan sebanyak 1.084 vaksin yang diajukan oleh Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kepada Pemrov Sumbar, diberikan seluruhnya untuk tenaga kesehatan. Alasannya, para tenaga kesehatan ini yang paling berpotensi tertular virus Covid-19. 

“Tahap pertama, mungkin akan dimulai pada 13 Januari sampai awal Februari 2021. Kami (Pemko Payakumbuh-red) meminta vaksin pada tahap pertama ini sebanyak 1.084 buah dan seluruhnya untuk tenaga kesehatan,” sebut Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh,  Bakhrizal kepada Covesia.com, Rabu (6/1/2021). 

Jika tidak ada kendala, vaksinasi tahap kedua akan diberikan kepada TNI, Polri, Satgas, Pejabat Publik, ASN, baru ke masyarakat. Daftar penerima vaksin juga sudah direkap oleh Dinkes, siapa saja yang akan disuntik vaksin. 

“Ditahap kedua, rekap kami untuk TNI ada 593 orang, Polri 362 orang, Satgas 400 orang. Selebihnya, nanti baru diberikan kepada ASN, Guru, Pejabat Publik dan masyarakat,” katanya. 

Untuk pemberian vaksin, calon penerima harus mendapatkan SMS terlebih dahulu dan baru divalidasi. Namun untuk tenaga kesehatan maupun masyarakat yang pernah terpapar Covid-19 dan sembuh, bukan menjadi prioritas penerima vaksin. Pasalnya, sudah terbentuk antibodi dalam tubuhnya. 

Sebelumnya sebanyak 36.920 dosis vaksin diterima oleh Pemprov Sumbar, Selasa (5/1/2021). Vaksin ini masih disimpan oleh Dinkes Pemprov Sumbar dan belum disebarkan ke Kabupaten/Kota. Dikarenakan masih menunggu izin dari BPOM.

(agg)

Berita Terkait

Baca Juga