Polisi Bekuk Spesialis Pencuri Rumah Kosong di Payakumbuh

Polisi Bekuk Spesialis Pencuri Rumah Kosong di Payakumbuh Pelaku pencurian rumah kosong saat diamankan Satreskrim Polres Payakumbuh, Senin (4/1/2021)(Foto: Istimewa)

Covesia.com - Satreskrim Polres Payakumbuh membekuk Melki Perdamaian Damanik (27), Senin (4/1/2021) saat tengah membeli pulsa di Payobasuang. Melki ditangkap karena terlibat pencurian rumah kosong di beberapa tempat di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota.

Kapolres Payakumbuh, AKBP Alex Prawira melalui Kasat Reskrim AKP M. Rosidi menuturkan dalam introgasi, Melki mengaku telah beraksi di enam lokasi di Kota Payakumbuh dan satu kali di kawasan Taram, Kabupaten Limapuluh Kota. Terakhir, ia beraksi di Parak Batuang dan berhasil menggasak emas.

"Jadi pelaku ini spesialis pencuri rumah kosong. Biasanya beraksi di saat libur panjang. Saat pemilik rumah pergi berlibur, disinilah kesempatan pelaku untuk mencuri. Dari pengakuannya, sudah tujuh kali beraksi. Satu kali di Limapuluh Kota dan enam kali di Kota Payakumbuh," kata Rosidi, Selasa (5/1/2021). 

Untuk mengungkap pencurian rumah kosong ini Satreskrim harus melakukan identifikasi dan pemantauan yang cukup detail. Sampai pada akhirnya, petunjuk mengarah ke Melki. 

"Akhir-akhir ini banyak masyarakat yang resah akibat rumahnya sering dimasuki maling. Semoga dengan tertangkapnya pelaku ini, tidak ada lagi aksi kejahatan seperti ini lagi," katanya.

Untuk penyelidikan lebih lanjut, pelaku sudah diamankan petugas di Mapolres Payakumbuh. Termasuk barang bukti berupa emas, handphone dan laptop.

(agg)

Berita Terkait

Baca Juga