Lewat Jampersal, Pemkot Pariaman Tanggung Biaya Persalinan Warga

Lewat Jampersal Pemkot Pariaman Tanggung Biaya Persalinan Warga Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman, Nazifah.

Covesia.com - Untuk membantu warga kurang mampu berbagai cara dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), salah satunya dengan Program Jaminan Persalinan (Jampersal).

Program Jampersal ini, untuk membantu biaya persalinan warga tidak mampu yang belum mendapat jaminan kesehatan, baik dari pemerintah ataupun dari perusahaan swasta, seperti Kartu Indonesia Sehat (KIS).

"Program itu sudah berjalan sejak 2013 lalu, dengan anggarannya diambil dari Dana Alokasi Khusus (DAK)," sebut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman, Nazifah pada Kamis (31/12/2020).

Lanjut Nazifah, ini upaya pemerintah guna mengurangi angka kematian ibu dan bayi karena selama ini banyak terjadi akibat terlambat mendapatkan pertolongan medis.

Untuk Jampersal ini pihaknya juga bekerjasama dengan rumah sakit yang ada di Kota Pariaman, yaitu sebagai rumah sakit rujukan dari Puskesmas dan bidan desa.

Nazifah mengatakan, sarat untuk mendapatkan Jampersal ini yaitu diantaranya, ber-KTP Kota Pariaman dan surat keterangan tidak mampu dari kelurahan atau desa, kemudian mengurusnya melalui Puskesmas. 

"Sistem Jampersal ini, Dinkes membayar klaim atau biaya persalinan warga tidak mampu tersebut ke rumah sakit tempat bersalin," ucapnya.

(pri)

Berita Terkait

Baca Juga