Walikota Pariaman Lantik Pengurus KPPI Guna Tingkatkan Partisipasi Perempuan di Pemerintahan

Walikota Pariaman Lantik Pengurus KPPI Guna Tingkatkan Partisipasi Perempuan di Pemerintahan Walikota Pariaman Genius Umar lantik pengurus KPPI

Covesia.com - Untuk meningkatkan partisipasi perempuan dalam proses penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah, Walikota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), Genius Umar menyampaikan perlunya sebuah organisasi independen yang dijadikan wadah aktivitas dan kreativitas perempuan lintas partai politik.

Seperti halnya organisasi Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI). Sebab, KPPI sendiri adalah sebuah organisasi independen yang dijadikan wadah aktivitas dan kreativitas perempuan lintas partai politik yang bertujuan untuk melahirkan ide-ide kreatif, dan cemerlang sekaligus sebagai pendorong tumbuhnya semangat juang.

"Jadi, KPPI ini nantinya mempunyai peran untuk menciptakan perempuan yang lebih paham dan lebih banyak lagi yang maju dalam dunia politik, karena kaum ibu-ibu akan menghasilkan produk-produk atau kebijakan yang jauh lebih baik bagi masyarakat," sebut Genius ketika melantik Pengurus KPPI Kota Pariaman periode 2019-2024, pada Selasa (29/12/2020).

Lanjut Genius, karena saat ini di Kota Pariaman memang masih minim keterwakilan perempuan di kancah pemerintahan dan legeslatif.

"Sekarang saja Kota Pariaman hanya mempunyai seorang perempuan yang duduk di menjadi wakil rakyat di DPRD, dan saat ini sebagai ketuanya," ucapnya. 

Selain itu kata Genius, dalam Pemerintahan Kota Pariaman, juga mempunyai kepala dinas atau jabatan strategis lainya yang diisi oleh perempuan hebat.

"Semoga ke depan dengan adanya organisasi KPPI ini, akan lebih banyak lagi perempuan yang bisa duduk di jabatan strategis lainya," jelasnya.

Sehingga dengan begitu, peran serta dan tujuan dari organisasi KPPI, dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, untuk mendorong partisipasi perempuan dalam partai politik dalam menyuarakan aspirasi perempuan.

Diketahui, untuk KPPI Kota Pariaman periode 2019-2024 di Ketuai oleh Mimi Elfita yang juga merupakan Ketua Partai Gerindra kota tersebut, Wakil Ketua, Marlis Bakar, Sekretaris, Desra Tamara dan Bendahara, Alamria Wihelmi. Kemudian, pengurus serta Angota KPPI Kota Pariaman berjumlah sebanyak 33 orang yang terdiri dari perempuan lintas partai politik, dimana keterwakilan perempuan dari 14 Partai Politik yang ada di Kota Pariaman.

(per)

Berita Terkait

Baca Juga