Warga di Agam Temukan Bunga Langka Baru

Warga di Agam Temukan Bunga Langka Baru Sumber: istimewa

Covesia.com - Warga Simaruok, Jorong II Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, menemukan bunga langka di sekitar kawasan Hutan Simaruok, nagari setempat.

Bunga yang tidak biasa ini ditemukan oleh Olwi Merta (34) saat sedang berburu babi bersama teman-temannya Selasa (29/12/2020) kemarin.

"Bunga ini aneh, mirip bunga bangkai namun tidak memiliki lidah di tengah bunga dan ukurannya agak kecil," ujarnya saat dikonfirmasi Covesia.com Rabu (30/12/2020).

Sadar akan adanya jenis tumbuhan baru, Olwi langsung menghubungi Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) agam untuk memastikan jenis dan status bunga.

"Dari BKSDA saya diberitahu bahwa bunga tersebut masih satu jenis dengan bunga bangkai dan bernama latin Amorphophallus Paeoniifolius," katanya.

Sementara itu, Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) BKSDA Resor Agam, Ade Putra membenarkan adanya informasi dari masyarakat tersebut. 

Dijelaskannya bunga tersebut masih tergolong ke dalam bunga bangkai, yang berjenis Amorphophallus Paeoniifolius.

Dijelaskannya, tanaman ini merupakan spesies endemik Pulau Sumatera dan masuk kedalam daftar tumbuhan yang dilindungi. 

“Jika dilihat dari bentuknya, tanaman ini berada di fase generatif, dan di perkirakan 2-3 hari lagi akan mekar sempurna,” terangnya.

Terkait adanya penemuan tumbuhan tersebut pihaknya akan melakukan monitoring dalam wakru dekat untuk memastikan masih adanya individu baru yang tumbuh di sekitar lokasi serta memantau perkembangan bunga.

"Kita akan segera menuju lokasi, dihimbau kepada masyarakat untuk tidak mengubah atau merusak tanaman tersebut," tutupnya.

(jhn)

Berita Terkait

Baca Juga