Resahkan Masyarakat, Polresta Padang Musnahkan Ratusan Knalpot Racing

Resahkan Masyarakat Polresta Padang Musnahkan Ratusan Knalpot Racing Kapolresta Padang, AKBP Imran Amir saat pemusnahan barang bukti sekitar 500 knalpot racing hasil sitaan pada Rabu (30/12/2020)(Foto: Covesia/Primadoni)

Covesia.com - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Padang, Sumatera Barat (Sumbar), melakukan pemusnahan terhadap lebih kurang 500 barang bukti knalpot racing di mapolres kota Padang.

"Ratusan knalpot racing ini hasil penindakan Satlantas (Satuan Lalu Lintas) Polresta Padang," sebut Kapolresta Padang, AKBP Imran Amir saat diwawancarai usai pemusnahan barang bukti tersebut pada Rabu (30/12/2020).

Lanjut Imran, ini hasil razia rutin Polresta Padang setiap harinya. Namun yang paling ditekankan lagi operasi balapan liar dan kebut-kebutan setiap malam minggu di sejumlah titik.

"Untuk sepeda motornya ditilang dan sudah disidangkan di Pengadilan Negeri Kota Padang," katanya. 

Dikatakan Imran, untuk kendaraannya yang knalpot racing ini dicabut, dan diminta kepada pemilik sepeda motor untuk menggantinya dengan knalpot standar bawaan dari pabriknya.

"Penertiban terhadap sepeda motor yang menggunakan knalpot racing ini akan terus kami lakukan. Seperti di Jalan Khatib Sulaiman, daerah By Pass dan jalan baru yang ada di Kota Padang," ungkapnya. 

Sebab kata Imran, kendaraan ini sering mengganggu ketenangan masyarakat dan pengguna jalan lainnya, karena suara knalpotnya sangat keras sekali.

"Knalpot racingnya kami cabut dari sepeda motor dan dimusnahkan dengan cara dipotong kecil-kecil agar tidak bisa digunakan lagi," jelasnya.

Imran juga mengimbau kepada masyarakat, agar tidak menggunakan knalpot yang tidak sesuai aturan.

"Sesuai pasal yang dilanggar, yaitu Pasal 285 Ayat 1 Undang-undang Nomor 22 tentang Lalu Lintas, (pelanggar) dikenakan denda satu juta rupiah," ujarnya. 

(per/nod)

Berita Terkait

Baca Juga