Cegah Penyebaran Covid-19, Polisi Akan Tindak Kerumunan Saat Malam Tahun Baru di Sumbar

Cegah Penyebaran Covid19 Polisi Akan Tindak Kerumunan Saat Malam Tahun Baru di Sumbar Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto (Foto: dok.humas)

Covesia.com - Pihak kepolisian di wilayah hukum Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat (Sumbar) akan melakukan penindakan kepada masyarakat yang terlihat tengah berkumpul atu berkerumun di tempat-tempat keramaian disaat malam tahun baru. 

"Akan kita lakukan tindakan kepolisian dengan aturan yang berlaku," kata Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Satake Bayu Setianto, S.Ik, dalam keterang resminya yang diterima, Rabu (30/12/2020). 

Dikatakannya, tindakan kepolisian yang dilakukan oleh Polda Sumbar dan jajarannya, semata hanya untuk mencegah penularan maupun penyebaran virus corona disease (Covid-19).

"Sesuai dengan Maklumat bapak Kapolri, untuk itu kami minta masyarakat untuk mematuhinya," tegasnya.

Nantinya, petugas akan melakukan patroli di tempat-tempat yang diindikasikan terdapat berkumpulnya masyarakat untuk merayakan malam tahun baru.  

Lebih lanjut pihak Polda Sumbar mengimbau kepada seluruh masyarakat di Provinsi Sumbar, untuk tetap berada di rumah saat malam pergantian tahun. Apalagi, saat ini masih terdapat pandemi virus corona (Covid-19). 

"Masyarakat diharapkan di rumah bersama keluarga. Berdoa, solat malam, instrospeksi supaya pandemi ini segera selesai (berakhir)," ujar Kombes Pol Satake Bayu.

lebih lanjut ia mengatakan dari tingkat Polda Sumbar hingga jajarannya di Polres dan Polsek bersama Pemprov dan Pemda di Sumbar, menegaskan melarang tempat-tempat obyek wisata untuk ditutup guna pencegahan kerumunan berkumpulnya massa. 

"Sesuai dengan Maklumat bapak Kapolri, dan Surat Edaran Gubernur Sumbar. Maka tempat obyek wisata dan areal publik diharapkan ditutup, termasuk di kawasan pendakian gunung," jelas Kabid Humas Polda Sumbar.

Ditambahkan, dalam pemberitaan saat ini juga ditemukan Covid-19 varian baru yang penyebarannya lebih cepat.

(*/don)


Berita Terkait

Baca Juga