Jaga Trantibum dan Pengawasan Prokes di Malam Tahun Baru, Satpol PP Padang Kerahkan Ratusan Personel

Jaga Trantibum dan Pengawasan Prokes di Malam Tahun Baru Satpol PP Padang Kerahkan Ratusan Personel Apel kesiapan Personel Satpol PP Padang menjelang pergantian tahun baru di Kota Padang, Selasa (29/12/2020)(Foto: dok.humas)

Covesia.com - Jaga ketertiban dan ketentraman masyarakat di malam pergantian tahun baru, ratusan personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kota Padang dikerahkan di beberapa titik wilayah Kota Padang, Sumatera Barat.

Kepala Satuan Pol PP, Kota Padang, Alfiadi mengatakan, pada malam pergantian tahun baru pada tanggal 31 Desember 2020 ini sebanyak 400 personel Satpol PP diturunkan dalam rangka menjaga ketertiban dan ketentraman masyarakat. Serta dalam rangka pengawasan protokol kesehatan guna pencegahan dan memutus rantai penularan Covid-19.

"Personel Satpol PP harus lebih ekstra melindungi dirinya serta warga masyarakat  agar tidak terpapar virus Corona, tentu kehadiran satpol PP di tengah-tengah masyarakat salah satu upaya dalam mengingatkan masyarakat yang masih abai dalam menerapkan protokol kesehatan, hal itu dikarenakan Kota Padang masih belum bebas dari Covid-19.

Serta ini adalah tugas dan fungsi untuk menjaga situasi dan kondisi di Kota Padang agar tetap kondusif dan terjaga dengan baik selama malam pergantian tahun di Kota Padang," ujar  Alfiadi, dalam keterang persnya yang diterima, Selasa (29/12/2020).

Alfiadi menerangkan, pada pergantian tahun baru ini berbeda dari biasanya, sesuai imbauan pemerintah republik Indonesia serta surat edaran Walikota agar tidak ada aktifitas berkumpul, berkerumun guna mengatasi penyebaran Covid-19 di Kota Padang dan masyarakat merasa aman dan nyaman di Kota Padang.

"Di pusat pusat keramaian serta pos pengamanan, maka anggota kita juga ada di situ membantu, serta ditempat-tempat yang diduga akan banyak dikunjungi," tutur dia.

Alfiadi berharap masyarakat patuh dan tidak abai dalam melaksanakan prokes yang sudah ditetapkan, seperti tetap mengunakan masker, mencuci tangan sebelum menyentuh area wajah dan selalu tetap menjaga jarak

"Tentu kita sangat berharap masyarakat untuk memilih berdiam diri di rumah, daripada merayakan tahun baru disaat wabah masih melanda Kota Padang, selain itu Pemerintah Kota Padang juga sudah mengeluarkan Surat Edaran tentang pengendalian kegiatan masyarakat untuk pencegahan penyebaran Corona Virus Disease 2019 pada libur Hari Natal dan Tahun Baru 2021, tentu tidak dibolehkan masyarakat mengadakan kegiatan yang bersifat mengundang kerumunan atau menciptakan keramaian, jadi marilah utamakan menjaga kesehatan dari pada ikut kegiatan yang tidak bermanfaat," kata dia.

(irl/don)

Berita Terkait

Baca Juga