Kadis Pendidikan Sumbar: Mayoritas Wali Murid Setuju di 2021 Pembelajaran Tatap Muka Diberlakukan

Kadis Pendidikan Sumbar Mayoritas Wali Murid Setuju di 2021 Pembelajaran Tatap Muka Diberlakukan Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Adib Alfikri

Covesia.com - Dengan adanya surat keputusan bersama Kementerian Pendidikan, dan Kebudayaan, Menag, Menkes, dan Mendagri kebijakan pembelajaran tatap muka tetap dilakukan secara berjenjang di 2021.

"Sebagian besar orang tua murid menyetujui rencana pembelajaran tatap muka di sekolah pada awal 2021," ungkap Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Adib Alfikri saat Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Pembelajaran Tatap Muka Tahun 2021 Pengelolaan Dana Bos, Sekolah Penggerak dan PPDB Tahun Pembelajaran 2021/2022 di Auditorium Gubernuran, Senin (28/12/2020).

Selain itu, tentang pembukaan sekolah pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan.  Kepada sekolah yang akan menjalankan pembelajaran tatap muka agar mempersiapkan protokol kesehatan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang ditetapkan. 

"Sebelum mereka menjalankan, masing masing (sekolah) harus menyiapkan dulu, sesuai protokol Covid-19," ujarnya.

Terkait  teknis pembelajaran yang direncanakan akan dibicarakan terlebih dahulu apakah pembelajaran shift-shift atau ada kebijakan lainnya.

Bagi orang tua siswa yang tidak setuju terkait kebijakan tersebut, diperbolehkan untuk melaksanakan pembejalaran melalui daring. Karena tidak ada paksaan untuk hal tersebut.

"Tak ada paksaan dan tergantung persetujuan orang tuanya ingin anaknya sekolah tatap muka atau sekolah daring saja. Karena tetap kita di segi pendidikan harus mengedepankan keselamatan dan kesehatan siswa," tukasnya.

Tak hanya itu, format pembelajaran harus dipersiapkan yang dapat mencegah potensi terjadinya penularan virus. Harus detail teliti dan tangggap tuntas penanganan. Seperti jam belajar yang tidak penuh, tidak membuka kantin, serta format pembelajaran tanpa istirahat.

(ril/ila)

Berita Terkait

Baca Juga