Siapapun Bupati Terpilih, Ini Harapan Serikat Buruh Agam

Siapapun Bupati Terpilih Ini Harapan Serikat Buruh Agam Sumber: istimewa

Covesia.com - Federasi Serikat Pekerja Transport Indonesia - Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (F.SPTI-K.SPSI) Cabang Kabupaten Agam berharap kepada Bupati Agam yang terpilih bisa memikirkan nasib para buruh. 

Ketua Pimpinan Cabang F.SPTI-K.SPSI Kabupaten Agam Mendri. S. SH didampingi oleh Sekretaris F.SPTI-K.SPSI Agam Honest Gian Saputra menjelaskan, selama ini F.SPTI-K.SPSI Cabang Agam masih menemukan adanya ketidak adilan dan ketidak berpihaknya suatu perusahaan akan nasib pekerja atau buruh. 

"Masih banyak kita melihat nasib buruh di Agam kurang diperhatikan, bahkan hak-hak mereka diduga juga ada yang dikebiri dan terabaikan," ujarnya saat berbincang-bincang dengan Covesia.com Kamis (3/12/2020).

Selain itu, pihaknya juga menginginkan, siapapun bupati terpilih nantinya, mampu memberi ruang kepada buruh untuk bebas bergabung di perserikatan Pekerja/Serikat Buruh.

Menurutnya, untuk mengurus pembentukan Pimpinan Unit Kerja (PUK) di suatu perusahaan para buruh masih mengalami banyak kendala. Pihak perusahaan seakan memilih-memilih dan terindikasi melakukan intervensi Pekerja agar masuk di suatu organisasi serikat pekerja buruh.

Diterangkan Mendri S, saat ini, F.SPTI-K.SPSI di kabupaten Agam sudah lama eksis. Bahkan di beberapa perusahaan besar di Agam telah terbentuk Pimpinan Unit kerja (PUK) dengan jumlah anggota dan pengurusnya ratusan dan sudah terdaftar dan sudah keluar Surat Keputusan (SK) dari Dinas DPMTSP-NAKER Kabupaten Agam.

"Pimpinan Unit Kerja (PUK) yang sudah terbentuk di Perusahan besar di Agam dan terdaftar di Dinas terkait, diantaranya di PT AMP Plantation, PT Mutiara Agam, PT BSS. Insyaallah kedepannya, kami dari F.SPTI-K.SPSI Agam akan terus membentuk PUK di Perusahaan-perusahaan yang tersebar dan berkembang di Kabupaten Agam," tutupnya.

(jhn)

Berita Terkait

Baca Juga