Gerkatin: Sosialisasi Pilkada Serentak Penting bagi Kelompok Disabilitas

Gerkatin Sosialisasi Pilkada Serentak Penting bagi Kelompok Disabilitas Foto: Laila Marni

Covesia.com - Komisi Pemilihan Umum Sumatera Barat kembali mengadakan sosialisasi pemilihan serentak kepada kelompok Disabilitas bersama Gerakan untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (Gerkatin) di Padang. 

Puluhan anggota Gerkatin di berbagai daerah di Sumbar turut hadir dalam sosialisasi ini seperti dari Dharmasraya, Sijunjung, Lubuk Basung, dan daerah lainnya. 

"Ada berbagai ragam pemilih disabilitas, Daksa yakni disabilitas tubuh antara lain kursi roda, polio kaki tangan, eks lepra, orang kecil. Kemudian Netra tidak dapat melihat, Pemilih tuna rungu yang tidak dapat mendengar dan bicara, serta Grahita pemilih yang memiliki keterbatasan kecerdasan manusia berusia 40 tahun tetapi kecerdasan dan pelakunya seperti usia 10 tahun," ungkap Ketua Gerkatin Feri Naldi, Sabtu (28/11/2020).

Lebih lanjut Feri mengatakan bahwa sosialisasi ini penting bagi kelompok disabilitas. "Kami butuh informasi untuk penyelenggaraan pemilu 2020 ini," tambahnya.

Di Sumbar ada 11. 855 disabilitas dengan rincian disabilitas Fisik 5.057 orang, disabilitas Intelektual 1.139 orang, disabilitas Mental 2.794 orang dan disabilitas Sensorik 2.865 orang.  

Sementara itu Komisioner KPU Sumbar Izwaryani mengatakan akan lebih memprioritaskan kelompok disabilitas agar yang sering terjadi mereka diabaikan. Ibu hamil dan yang bawa anak juga akan diprioritaskan.

"Kita harus ikut pemilu, karena kita adalah pemilik yang sah bagi negara ini. Kita pilih orang yang mengurusi kita 5 tahun akan datang. Jangan menjadi tamu di rumah sendiri, jangan menjadi penonton dalam permainan. Kita yang menentukan bagaimana kita di masa mendatang," jelasnya. 

(ila)

Berita Terkait

Baca Juga