Bank Nagari Mentawai Salurkan Bantuan Dua Becak Motor Pengangkut Sampah untuk Desa Sikakap

Bank Nagari Mentawai Salurkan Bantuan Dua Becak Motor Pengangkut Sampah untuk Desa Sikakap Kepala Bank Nagari Cabang Mentawai Eka Warisman T (kiri) bersama Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai Yudas Sabagalet (tangah) saat penyerahan dua unit becak motor kepada Kepala Desa Sikakap San Adi Iklas (kanan)(Foto: Istimewa)

Covesia.com - Bank Nagari Mentawai menyalurkan bantuan dua becak motor (betor) pengangkut sampah untuk Desa Sikakap, Kecamatan Sikakap, dan 40 set perabot sekolah kepada SDN 29 Malakopa, Kecamatan Pagai Selatan.

Bantuan tersebut langsung diserahkan oleh Kepala Cabang Bank Nagari Mentawai Eka Warisman T kepada Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet dalam acara pengukuhan camat di Aula Pertemuan Gereja Kristen Protestan Mentawai (GKPM) Sikakap, Kamis (26/11/2020).

"Dengan adanya dua betor pengangkut sampah ini hendaknya dapat dipergunakan dan tidak ada lagi masyarakat membuang sampah ke laut kata Bupati Mentawai Yudaa Sabaggalet, Kamis (26/11/2020).

Lebih lanjut menurut Kepala Desa Sikakap San Andi Iklas, warga sering membuang sampah ke laut disebabkan tidak ada TPS. namun, sekarang sudah ada TPS dan sekarang ini Pemerintah Desa Sikakap lagi menyusun Peraturan Desa (Perdes) sampah, dalam Perdes tersebut nanti akan ada besar iuran yang akan dipungut kepada masyarakat, besar iuran tidak sama itu nanti akan  diatur dalam Perdes, contohnya iuran rumah tangga pasti akan berbeda dengan iuran pedagang.

Becak motor sampah akan dikelola oleh BUMDES (badan usaha milik desa) pemerintah desa sikakap.

Kepala Cabang Bank Nagari mentawai mengatakan bahwa becak motor ini merupakan bantuan dari dana CSR Bank Nagari. 

Selain memberikan dua becak motor pengangkut sampah Bank Nagari Mentawai juga memberikan bantuan 40 set perabot sekolah kepada SDN 39 Malakopa, Kecamatan Pagai Selatan. Program ini merupakan bentuk kepedulian Bank Nagari Mentawai terhadap memajukan pendidikan di Kabupaten Kepulauan Mentawai. 

(ril/ila)

Berita Terkait

Baca Juga