Memastikan Agar Tidak Terpapar Covid-19, PTPS Kota Pariaman Lakukan Rapid Test

Memastikan Agar Tidak Terpapar Covid19 PTPS Kota Pariaman Lakukan Rapid Test (Foto: Istimewa)

Covesia.com - Sebanyak 178 orang pengawas tempat pemungutan suara (PTPS) di Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), mengikuti tes cepat atau 'rapid test' guna menghadapi pemilihan gubernur dan wakil gubernur provinsi setempat.

"Kami ingin memastikan seluruh pengawas TPS yang akan bertugas pada 9 Desember 2020 tidak terpapar Covid-19," kata Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Pariaman, Riswan pada Kamis (26/11/2020).

Lanjut Riswan, apabila ada hasilnya yang reaktif maka pihaknya akan berkoordinasi dengan dinas terkait.

Riswan mengatakan, pelaksanaan tersebut juga sebagai upaya untuk melindungi anggotanya serta pemilih di TPS dari Covid-19.

"Tiga hari menjelang hari pemilihan semua PTPS harus sehat atau bebas dari Covid-19," ujarnya.

Tugas dari PTPS tersebut yaitu mengawasi pelaksanaan di hari pemilihan dan penghitungan suara serta penerapan protokol kesehatan di TPS.

Meskipun pengawas TPS tersebut bertugas mengawasi pelaksanaan pemilihan namun jajaran Bawaslu itu juga ikut mengawasi pelaksanaan kampanye.

Riswan menyebutkan, beberapa bulan lalu Bawaslu Kota Pariaman juga melaksanakan tes cepat untuk pengawas kelurahan dan desa yang tujuannya memastikan kesehatan personelnya dalam mengawasi proses pemilihan kepala daerah tingkat provinsi di daerah itu.

(per)

Berita Terkait

Baca Juga