Satpol PP Kota Pariaman Sudah Tindak Ribuan Masyarakat Pelanggar Protokol Kesehatan Covid-19

Satpol PP Kota Pariaman Sudah Tindak Ribuan Masyarakat Pelanggar Protokol Kesehatan Covid19 Tampak Pelanggar Protokol Kesehatan Covid-19 di Kota Pariaman, beberapa waktu yang lalu, yang mana pelanggar disanksi dengan menyapu di tempat umum (Foto: dok.humas)

Covesia.com - Sepanjang diberlakukan Peraturan Daerah (Perda) No 6 tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Damkar Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), sudah menindak 1.127 orang yang tidak mematuhi protokol kesehatan di daerah itu. 

Hal itu dibenarkan oleh Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar, Kota Pariaman, Elvis Chandra pada Senin (23/11/2020).

"Itu hasil laporan Gakkum Terpadu pada Minggu (22/11/2020) kemarin, terhadap masyarakat yang melanggar protokol kesehatan yaitu tidak memakai masker," sebut Elvis.

Dikatakan Elvis, selama menemukan pelanggaran masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan itu, pihaknya memberikan saksi sesuai dengan Perda No 6 tahun 2020 tentang AKB.

"Dalam operasi kami melibatkan personel Satpol PP sebanyak 9 orang, Polri sebanyak 2 orang, dan TNI 2 orang dengan mengunakan 1 unit armada operasional. Sedangkan sasaran operasi yaitu penguna jalan raya di depan Balaikota Pariaman," ungkapnya. 

Elvis menyebutkan, meskipun masih ada beberapa penguna jalan yang tidak memakai masker ketika keluar rumah atau disaat berkendara, pelanggar yang ditemukan sudah berkurang.

"Rata-rata beberapa pelanggar yang tidak memakai masker langsung memutar balik kendaraanya untuk menghindar razia," jelasnya.

Elvis mengatakan, untuk pemberian sanksi kepada pelanggran tersebut, yaitu berupa sanksi kerja sosial sebanyak 1.082 orang, sanksi denda administrasi sebanyak 43 orang, dengan membayar Rp100.000. Kemudian sanksi penghentikan kegiatan sebanyak 2 kegiatan.

Menurut Elvis, dengan adanya AKB di daerah itu perlu hendaknya memberikan edukasi terus menerus kepada masyarakat.

"Dengan terus melakukan sosialisasi, kami berharap masyarakat bisa menjalankan protokol kesehatan Covid-19, sesuai dengan aturan yang telah dibuat. Seperti menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan," ucapnya.

Kemudian katanya, petugas rutin melakukan patroli setiap malamnya mengunjungi lokasi rawan yang membuat orang berkumpul seperti warung internet, rental playstation dan permainan lainnya.

"Nanti petugas akan memberikan edukasi dengan baik agar mereka segera membubarkan diri," katanya.

Berita Terkait

Baca Juga