Berkongsi, Cara Penanganan Covid-19 di Kelurahan Pasa Gadang-Kota Padang

Berkongsi Cara Penanganan Covid19 di Kelurahan Pasa GadangKota Padang Tampak Pak Lurah Pasa Gadang langsung turun tangan untuk melakukan penyemprotan rumah warga yang bertetangga dengan yang terkonfirmasi Positif di daerah itu, Minggu (23/11/2020)(Foto:Covesia/ Primadoni)

Covesia.com - Ada yang menarik untuk patut dicontoh pada penanganan penyebaran Corona Virus Disease (Covesia-19) pada salah satu kelurahan di Kota Padang, karena untuk memutus mata rantai tidak hanya menjadi tugas dan tanggung jawab tenaga kesehatan saja.

Seperti di kelurahan Pasar Gadang, Kota Padang, Sumatera Barat, mereka tergabung dalam sebuah Kongsi Covid-19 di daerah itu yang terdiri dari RT, RW dan Lurah bersinergi membantu warga yang terkena Covid-19 dengan memberi bantuan berupa sembako, makanan, dan melakukan penyemprotan disinfektan.

"Warga yang positif Covid-19 dan menjalani isolasi mandiri di rumah, kita berikan mereka sembako. Tak hanya bantuan sembako, warga yang keluarganya terpapar Covid-19 setelah melakukan tes swab, sebelum menunggu hasilnya keluar negatif, mereka juga diberikan bantuan untuk kebutuhan makanan sehari hari," ungkap Plt Lurah Pasa Gadang, Waluyono, Minggu (22/11/2020).

Ia mengatakan, sebelum bantuan tersebut ke warga yang terkonfirmasi Covid-19, pihaknya menerima laporan dari pihak Puskesmas dan RT setempat.

"Setelah kami mengetahui ada warga yang terkonfirmasi Covid-19, pihak RT dan RW atau Kongsi kelurahan mendata warga "by name by address" untuk tindakan apa yang dibutuhkan selama Isolasi di rumah," sebutnya. 

Lebih lanjut Waluyono mengatakan, selain memberikan bantuan sembako, pihaknya juga melakukan tindakan penyemprotan disinfektan di rumah warga yang terkonfirmasi Covid-19 dan tetangganya.

"Untuk memutus mata rantai penyebarannya, kita juga melakukan penyemprotan disinfektan ke rumah warga yang positif Covid-19 dan Tetangganya," kata dia.

Diketahui, dari laporan Dinas Kesehatan Kota Padang, bahwa di kelurahan Pasa Gadang hingga 21 November 2020 sudah ada 62 warga yang terpapar Covid-19.

(don)

Berita Terkait

Baca Juga