Diserang Hama Wereng, Tanaman Padi Petani di Pariaman Gagal Panen

Diserang Hama Wereng Tanaman Padi Petani di Pariaman Gagal Panen Ilustrasi - Petani memanen padi di Pariaman. Foto: Peri

Covesia.com - Akibat diserang hama wereng dalam beberapa bulan terakhir, tanaman padi petani di Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) gagal panen.

"Sekarang kami masih menghitung luas sawah dan kerugian yang ditimbulkan akibat hama wereng yang menyerang tanaman padi petani di Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman dan sejumlah lokasi lainnya di daerah itu," sebut Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Kelautan Kota Pariaman, Dasril pada Jumat (20/11/2020).

Lanjut Dasril, biasanya rata-rata produksi padi di Kecamatan Pariaman Selatan mencapai enam hingga tujuh ton per hektare, namun untuk saat ini diperkirakan menurun akibat hama wereng.

"Kami masih menghitung, mungkin dalam dua hari ini penghitungan selesai, dan nanti kami sampaikan," ujarnya. 

Dasril mengatakan, penyebab terjadinya hama tersebut, akibat jenis padi yang ditanam di daerah itu tidak bervariasi sehingga rentan terserang hama.

"Kami sudah berkoordinasi dengan pengamat hama, salah satu penyebab terjadinya hama tersebut yaitu petani cenderung menggunakan satu jenis varietas," katanya.

Seharusnya, kata dia dalam penanam padi petani harus menyelang-nyelingkan jenis varietas padi minimal satu tahun sekali, namun petani di daerah itu cenderung menggunakan jenis varietas 42.

"Misalnya kalau tahun sekarang jenis padi yang ditanam 42, tahun besok sokan, tahun depannya anak daro, atau batang piaman," ucapnya.

(pri)

Berita Terkait

Baca Juga