KPU Sumbar Sosialisasikan Pemilihan Serentak kepada Sejumlah Kelompok Disabilitas di Padang

KPU Sumbar Sosialisasikan Pemilihan Serentak kepada Sejumlah Kelompok Disabilitas di Padang Foto: Laila Marni/Covesia

Covesia.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) mensosialisasikan pemilihan serentak 2020 kepada kelompok disabilitas di  Kota Padang. 

"KPU mengupayakan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ramah untuk kelompok disabilitas agar bisa menggunakan hak pilihnya sebagai warga negara Indonesia," ungkap Komisioner KPU Sumbar, Izwaryani kepada wartawan, Kamis (19/11/2020).

Lebih lanjut kata Izwaryani TPS yang ada pemilihnya disabel akan diusahakan tempatnya mudah diakses. "Yang menggunakan kursi roda TPS-nya aksesseble dengan kursi roda. Yang Netra akan disediakan alat bantu coblos," jelasnya. 

Tak hanya itu komisioner KPU itu juga menyebutkan tak semua TPS yang seperti itu. Hanya TPS yang ada pemilihnya disabel yang disedikan alat tersebut. 

Bagi pemilih disabilitas yang tidak bisa membaca huruf braile dapat dibantu oleh keluarga atau KPPS yang dipercayai. 

"Beda disabilitas beda juga kebutuhannya. Kita akan sesuaikan pelayanan di TPS sesuai pemilih disabilitas kita masing-masing," tambahnya. 

Izwaryani mengaku bahwa KPU sudah punya catatan di data pemilih di mana saja yang ada disabilitasnya. 

"Jadi akan kita sesuaikan. Ini perlu kita tekankan kepada KPPS supaya memberi prioritas pada penyandang disabilitas ini," pungkasnya.

(lia)

Berita Terkait

Baca Juga