Kepala SMKN 1 Lubuk Sikaping Sabet Juara II Lomba 'Best Practice'

Kepala SMKN 1 Lubuk Sikaping Sabet Juara II Lomba Best Practice Kepala SMKN 1 Lubuk Sikaping, Muslim

Covesia.com-Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman, Muslim berhasil meraih juara II Lomba menulis essay 'Best Practice' tingkat Sumatera Barat tahun 2020.

Kepala SMKN 1 Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman, Muslim kepada Covesia.com, mengatakan hasil capaian yang diraihnya kali ini merupakan lomba yang diselenggarakan oleh Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Sumatera Barat.

"Lomba menulis essay 'Best Practice' yang diselenggarakan oleh LPMP ini diikuti sekitar 500 an orang lebih Kepala Sekolah se-Sumatra Barat. Alhamdulillah tanpa diduga-duga, saya berhasil meraih Juara II tingkat Sumatera Barat," terang Kepala SMKN 1 Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman, Muslim, Rabu (18/11/2020).

Muslim mengatakan dalam essay Best Practice menuliskan tentang penerapan program Creative Learning Berbasis Komputer (CLBK) dimasa pandemi Covid-19 di SMKN 1 Lubuk Sikaping.

"Dalam laporan best practice itu saya jabarkan upaya-upaya yang telah kami lakulan dalam meningkatkan kreatifitas dan efektifitas pembelajaran berbasis komputer dimasa Pandemi Covid-19 ini dengan program yang kami singkat 'CLBK' sebagai media pembelajaran," tambah Muslim.

Pembelajaran berbasis komputer kata dia merupakan pemanfaatan kemajuan teknologi informasi dan internet dengan menerapkan sistem pembelajaran online (daring).

"SMKN 1 Lubuk Sikaping melaksanakan beberapa program secara online (daring) antara lain pembelajaran dengan e-learning, pelaksanaan e-rapor, dan pelaksanaan e-journal. Kemudian melaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) secara online dan pelaksanaan Computer Based Tet (BST)," katanya.

Dalam laporan best practice ini kata dia menitikberatkan pada penerapan Creative Learning Berbasis Komputer (CLBK) secara online (daring) bagi para Guru dan siswanya.

"Kami berharap dengan adanya penerapan CLBK dalam aktivitas belajar mengajar pada masa pandemi Covid-19 di SMK Negeri 1 Lubuk Sikaping bisa menghasilkan tamatan yang berkualitas. Sebab lewat program ini, peserta didik dapat mengoptimalkan proses belajar di manapun dan kapanpun dengan menggunakan CLBK (Creative Learning Berbasis Komputer). Ini juga untuk memotivasi peserta didik dalam belajar untuk meningkatkan minat dan kemampuan yang dimiliki," katanya.

Kemudian kata dia untuk membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan kreatif, interaktif, dan inovatif dengan sumber belajar yang luas. Bisa mempermudah guru dalam perannya sebagai fasilitator dalam pembelajaran.

"Mendukung pengembangan teknologi dalam lingkungan sekolah. Tersedianya sumber belajar yang interaktif, kreatif dan inovatif dalam kegiatan pembelajaran. Disamping itu kami juga ingin memberikan sumbangan pikiran sebagai salah satu sekolah yang 

sudah menerapkan teknologi dalam pelaksanaan pembelajaran denganpenerapan CLBK ini," katanya.

Muslim mengakui prestasi yang diraihnya untuk kesekian kalinnya dari berbagai bidang hanya untuk pemacu sengat bersama dalam mendidik Siswa hingga melahirkan lulusan yang berkulitas.

"Hasil capaian ini semua tidak lepas dari kerjasama seluruh keluarga besar SMKN 1 Lubuk Sikaping. Kemudian keberhasilan penulisan best practice ini tidak terlepas dari bantuan banyak

pihak, baik Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, Kepala Cabang Dinas Wilayah VI, dan pengawas sekolah. Kemudian Muchrizal yang dengan senang hati membimbing penulis dan keluarga tercinta yang selalu mendokan penulis untuk lebih berprestasi, sehingga best practice ini dapat diselesaikan tepat waktu," tutupnya.

(hri)

Berita Terkait

Baca Juga