Petugas Medis Positif Covid-19, Layanan Rawat Inap di Puskesmas Bonjol Ditutup Sementara

Petugas Medis Positif Covid19 Layanan Rawat Inap di Puskesmas Bonjol Ditutup Sementara Ilustrasi Puskesmas Bonjol, Pasaman

Covesia.com - Pelayanan rawat inap di Puskesmas Bonjol, Kecamatan Bonjol, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat ditutup sementara usai beberapa petugas medisnya dinyatakan Positif Covid-19.

Camat Bonjol, Afnita mengatakan langkah tersebut diambil guna mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-19) yang lebih meluas di daerah itu.

"Sehubungan dengan adanya penambahan warga kita yang positif Covid-19 di Kecamatan Bonjol, yakni beberapa orang dari petugas medis  Puskesmas Bonjol. Maka pelayanan Rawat Inap di Puskesmas Bonjol untuk sementara waktu kita tutup, sampai hasil test swab petugas kita dan kontak eratnya dinyatakan negatif," terang Camat Bonjol, Afnita, Rabu (18/11/2020).

Untuk pelayanan di Poli kata Afnita tetap dibuka seperti biasa di Puskesmas Bonjol, Kabupaten Pasaman.

"Namun bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan rawat inap dapat mengajukan rujukan ke RSUD Lubuk Sikaping," tambah Afnita.

Sementara untuk proses tracking dan testing sudah dilakukan oleh pihak Dinas Kesehatan Pasaman.

"Mudah-mudahan ini tidak berlangsung lama. Karena test swab yang dilakukan tim medis beberapa kali dalam dua pekan. Kalau hasilnya sudah negatif,  bisa segera dibuka kembali layanan rawat inap di Puskesmas Bonjol. Karena kita khawatirkan kalau ada penambahan kasus baru," katanya.

Pihaknya meminta kepada masyarakat untuk tetap tenang dan disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan.

"Diharapkan kepada masyarakat untuk tidak panik, tetap tingkatkan kewaspadaan dengan terus menerapkan protokol kesehatan. Memakai masker, jaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir," katanya.

Ia juga meminta masyarakat tidak mengucilkan jika diketahui ada saudara atau tetangga yang positif.

"Namun tetap support untuk sembuh, tetap jaga jarak dan bantu mereka jika memerlukan bantuan," tutupnya.

(hri)


Berita Terkait

Baca Juga