Manfaatkan KUR Bank Nagari, Warga Agam Ini Sukses Budidaya Lele

Manfaatkan KUR Bank Nagari Warga Agam Ini Sukses Budidaya Lele Foto: Istimewa

Covesia.com - Manfaatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Bank Nagari, Al Ghifari (32) warga Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) sukses kembangkan budidaya lele.

Saat dikonfirmasi Covesia.com Selasa (17/11/2020) Ari panggilan Al Ghifari mengatakan, beternak lele merupakan sesuatu yang baru bagi masyarakat Lubuk Basung, tidak sedikit cemooh serta saran dari masyarakat  untuk mengurungkan niat untuk beternak.

"Lebih baik beternak Sapi tinggal memotong rumput, 2 tahun dipelihara sudah bisa dijual," ujarnya mengawali cerita.

Meski demikian, tekad bulatnya untuk tetap beternak membuat Ari tetap ingin memulai bisnis tersebut dengan modal seadanya.

"Awalnya saya punya 4 kolam terpal pembesaran lele, selama 2 tahun terus belajar hingga hasil panen stabil," katanya lagi.

Setelah dirasa butuh pengembangan, ia memberanikan diri untuk mengajukan pinjaman KUR ke Bank Nagari Cabang Lubuk Basung.

"Pertengangahan tahun 2017 saya coba meminjam dana KUR dan diterima dengan pinjaman sebesar Rp 25 juta dengan 24 kali angsuran," ujarnya saat berbincang- bincang dengan Covesia.com.

Menurut Ari, proses peminjaman KUR di Bank Nagari tidaklah sulit dan tidak memakan waktu yang lama, setelah memasukkan pengajuan pinjaman selang 4 hari petugas langsung melakukan surfey ke rumah dan tempat usaha besoknya pinjaman sudah bisa dicairkan. 

"Dengan adanya tambahan modal saya membuat 6 kolam pembesaran serta membeli perlengkapan lainnya," imbuhnya.

Bertambahnya kolam pembesaran membuat kebutuhan bibit semakin bertambah hal itu seiring dengan semakin banyaknya permintaan bibit dari peternak lainnya.

Kesulitan mendapatakan bibit membuat Ari mulai belajar cara pembibitan. Diawal percobaan pembibitan tak satupun telur lele yang menetas, kemudian ia mencari buku panduan serta searching di Google bagaimana cara pembibitan, namun percobaan terus saya lakukan hingga sudah mendapatkan hasil saat ini.

Sukses budidaya pembesaran, saat ini Al Ghiffari mulai produksi bibit lele dan sudah bisa  memenuhi permintaan para peternak lele di daerah Lubuk Basung.

"Alhamdulillah banyak yang sudah datang kepada saya untuk belajar beternak lele. Yang penting ada kemauan. untuk masalah bibit dan pemasaran saya siap mencarikannya untuk peternak disini," tutupnya.

(Jhn)

Berita Terkait

Baca Juga