Berstatus Zona Kuning, Bukittinggi Segera Mulai Sekolah Tatap Muka

Berstatus Zona Kuning Bukittinggi Segera Mulai Sekolah Tatap Muka Kadis Disparpora Bukittinggi, Melfi Abra (Foto: Debi)

Covesia.com - Dinas pendidikan pemuda dan olahraga (Disparpora) kota Bukittinggi, Sumbar akan segera memulai sekolah tatap muka dalam waktu dekat.

"Pada Minggu (15/11/2020) kemarin, Bukittinggi telah berstatus zona kuning dengan artian sekolah tatap muka sudah bisa dimulai," kata Kadis Disparpora, Melfi Abra, saat dihubungi Covesia.com, Selasa (17/11/2020).

Ia menerangkan sesuai SK4 menteri pendidikan kawasan dengan status zona hijau dan kuning sudah bisa memulai sekolah tatap muka dengan tetap menerapkan protokol Covid-19.

Didalam SK4 menteri itu juga dijelaskan untuk dua bulan masa transisi sekolah yang bisa memulai sekolah tatap muka yakni SD, SMP, dan SMA sederajat. Setelah itu baru dilanjutkan dengan sekolah PAUD dan TK.

"Untuk memulai sekolah tatap muka, kita harus meminta persetujuan Walikota. Jika sudah dibolehkan maka sekolah tatap muka dalam waktu dekat bisa dimulai," ungkapnya.

Ia menambahkan, di Bukittinggi ada 35 ribu siswa yang dirumahkan sejak pertengahan Maret hingga November 2020 karena kasus Covid-19 yang terus mengalami peningkatan.

Sedangkan untuk mekanisme sekolah tatap muka nanti, sambung Melfi, kebijakan bisa diambil setiap sekolah masing-masing.

Sekolah bisa menggunakan dua shift belajar atau sekolah sekali dua hari untuk membagi siswanya agar tidak terjadi kepadatan.

"Semuanya diserahkan kepada pihak sekolah namun tetap dalam koridor protokol Covid-19," sebutnya.

(deb)

Berita Terkait

Baca Juga