Dipersiapkan Turun Kedunia Kerja, 126 Siswa SMKN 1 Gunung Tuleh Pasbar Ikuti PKL

Dipersiapkan Turun Kedunia Kerja 126 Siswa SMKN 1 Gunung Tuleh Pasbar Ikuti PKL Rapat persiapan pemberangkatan siswa PKL di SMKN 1 Gunung Tuleh, Pasaman Barat (Ist)

Covesia.com-Sebanyak 126 Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Gunung Tuleh, Kabupaten Pasaman Barat bakal diberangkatkan untuk melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ke berbagai tempat khususnya di daerah setempat.

Kepala SMKN 1 Gunung Tuleh, Drs. Zulfan Batubara mengatakan pelaksanaan PKL ini dijadwalkan mulai pertengahan Desember 2020 ini.

Menurut Zulpan sebagai tahap persiapan, pihak sekolah telah mengundang orangtua siswa dan Komite dalam rangka musyawarah mengenai anggaran biaya untuk pelaksanaan kegiatan tersebut.

"Yang jelas pihak sekolah menyerahkan kepada wali murid untuk memusywarahkan mengenai biayanya. Setelah dihitung, kemungkinan adanya perbedaan biaya antara Bidang Keahlian Bismen (Bisnis Manajemen) dan Agro Teknologi Peternakan dikarenakan biaya pakaian praktek yang tidak sama," kata Zulpan, Senin (16/11/2020).

Sebab kata Zulpan, pakaian praktek bidang Bismen atau disesuaikan  layaknya seperti orang yang bekerja di Kantor.

"Berbeda sekali dengan jurusan ATR dan ATU. Cukup pakaian peraktek yang lama saja atau pun pakaian Olah Raga. Karena mereka akan bergelut di Kandang Sapi," jelasnya.

Sementara Ketua Pelaksana PKL Tahun Pelajaran 2020/2021, Abdul Salim mengatakan mengenai waktu pelaksanaannya pada masa normal sesuai dengan Juknis Permendikbud dengan jangka waktu 6 bulan dan 3 bulan PKL. 

"Namun SMKN 1 Gunung Tuleh menjadikan selama 75 hari kerja. Karena mengingat setuasi dan kondisi vandemi Covi-19 ini," terang Abdul Salim.

Siswa kata dia akan mulai melaksanakan PKL pada tanggal 16 Desember 2020 mendatang.

"Pengantaran dilakukan oleh pembimbing dan akan berakhir pada tanggal 28 Februari 2021 mendatang. Nanti juga akan dilakukan penjemputan oleh pembimbingnya," katanya.

Selanjutnya kata dia masuk pada tahapan pembuatan laporan dan penyampaiannya hasil selama peraktek kerja lapangan di depan para Penguji guna memperoleh nilai. 

"Ini sesuai aplikasi di lapangan sesuai proses pembelajaran yang mereka dapatkan (teori) selama tiga Semester sebelumnya," tutupnya.

(hri)

Berita Terkait

Baca Juga