KPU: 87836 KPPS di Sumbar Bakal Rapid Tes Sebelum Bertugas

KPU 87836 KPPS di Sumbar Bakal Rapid Tes Sebelum Bertugas Sosialisasi KPU Sumbar bersama awak Media di Padang, Minggu (15/11/2020)(Foto: Laila)

Covesia.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengeluarkan kebijakan untuk semua KPPS akan mengikuti rapid tes. Hal tersebut guna memastikan pemilihan kepala daerah di Sumbar sesuai dengan protokol kesehatan. 87836 KPPS di Sumbar akan di rapid tes. 

"Kabupaten Kota sudah berkoordinasi untuk proses pelaksanaan rapid tes tersebut baik waktu dan tempatnya. KPU Kabupaten kota dilkukan di masing-masing puskesmas. Dan dilakukan secara cepat karena mereka akan mengikuti bimtek sebelum bekerja 9 Desember," ungkap Plt Ketua KPU Sumbar, Gebril Daulay, saat sosialisasi KPU di Hotel Pangeran, Minggu (15/11/2020).

Lebih lanjut, Gebril mengatakan keputusan menggunakan rapid tes ini sudah diatur oleh PKPU. "Keputusan ini sudah dikoordinasi gugus tugas dan KPU Pusat waktu itu dengan alasan hemat anggaran dan di medis sudah cukup untuk mendeteksi reaktif atau tidak kalau reaktif," ujarnya.

Gebril mengatakan KPU tak punya kompetensi untuk pemeriksaan kesehatan apakah seseorang terpapar Covid-19 atau tidak. "KPU rujukannya PKPU, kita ini lembaga hirarkis. Jika sudah menetapkan PKPU maka semua akan sesuai dengan PKPU maka itu yang akan digunakan tak hanya di Sumbar tapi juga seluruh Indonesia," tambahnya. 

Selanjutnya, Gebril mengatakan telah dilakukan uji publik semua stalkholder dan dikonsultasikan komisi 2 DPR dan kemudian diundangkan. Jadi sudah sesuai peraturan regulasi. Maka KPUD wajib mengikuti itu. 

Jika hasilnya reaktif kata Gebril yang bersangkutan akan dites swab. Namun, di PKPU 6 dan 10 serta PKPU 13 belum ada mekanisme penggantian. Jika harus dirawat, tapi sesuai regulasi tidak otomatis diganti, karena dalam waktu tertentu dia sembuh.

"Namun, jika lebih 2 orang yang positif di TPS itu maka dilakukan penggantian karena tak rasional penghitungan suara jika KPPS-nya kurang dari 5 orang," pungkasnya. 

(ila)

Berita Terkait

Baca Juga