Soal Buah Cabai Unik di Sariak, Ini Penjelasan Distan Agam

Soal Buah Cabai Unik di Sariak Ini Penjelasan Distan Agam Sumber: istimewa

Covesia.com - Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) berikan penjelasan terhadap satu pohon cabe mengeluarkan Buah seperti bulu serabut di Nagari Sariak, Sungaipua, beberapa hari terakhir.

Menurut Kepala Distam Agam, Arief Restu hal tersebut sebenarnya hanya fenomena biasa yang terjadi akibat perkawinan silang, pengaruh pestisida, dan perubahan iklim sehingga memicu mutasi pada cabai.

"Tidak ada yang aneh, Itu hanya mutasi gen akibat perkawinan silang, pengaruh pestisida, dan perubahan iklim. Istilahnya Lado Barangkai," ujarnya, Rabu (11/11/2020).

Pada tahun 2002 juga pernah terjadi di Kecamatan Ampek Koto. Setiap cabang bebuah sampai 8-10 buah yg normalnya 1-2 buah percabang. Ketika dibibitkan dan ditanam akan kembali ke asal

Sebelumnya diberitakan, satu pohon cabe milik Rahmat Illahi (25) warga Nagari Sariak, Kecamatan Sungaipua,  memunculkan buah aneh. lazimnya cabe memunculkan buah seukuran kelingking memanjang, namin batang cabe miliknya  ini malah memunculkan buah kecil serabut seperti bulu-bulu.

Menurut Rahmat, keunikan tersebut baru diketahuinya minggu lalu saat memeriksa tanaman cabe di ladang miliknya yang mulai berbuah. 

Jika dilihat dari bentuk batang dan daun tanaman yang satu ini tidak berbeda dari cabe lainnya hanya saja buah yang dimunculkan terbilang unik. 

Ia mengaku Seumur hidup baru kali ini menemukan buah cabai berbentuk aneh ini. Jawabannya yang sama juga ia dapatkan saat bertanya kepada para petani cabe sekitar.

Selain berbeda dari bentuk, Lanjut Rahmat Illahi, rasa yang dihasilkan dari buah cabe ajaib tersebut tidak sama dengan cabe biasanya. Jika cabe lainnya memiliki rasa pedas. Buah yang dimunculkan oleh cabe ini malah pahit seperti rasa daun.

(jhn)

Berita Terkait

Baca Juga