Pemko Bukittinggi Serahkan 25 Sertifikat Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap

Pemko Bukittinggi Serahkan 25 Sertifikat Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap Penyerahan sertifikat Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap kepada salah satu warga di Bukittinggi, Selasa (10/11/2020)(Foto: Debi)

Covesia.com - Pjs. Walikota Bukittinggi, Sumbar, Zainuddin menyerahkan sertifikat kepada 25 masyarakat dalam Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap oleh BPN Bukittinggi. Penyerahan simbolis dilaksanakan pada acara Penyerahan sertifikat tanah untuk rakyat se-Indonesia oleh Presiden Republik Indonesia secara virtual dari Jakarta, Senin (9/11/2020).

Presiden RI Jokowi dalam sambutannya mengatakan dalam rangka bulan Bhakti Agraria dan Tata Ruang, hari ini diserahkan 1 juta sertifikat tanah di 201 Kab/ Kota dan 31 propinsi. Menurut Jokowi, satu juta sertifikat adalah jumlah yang besar sekali, mengingat sebelum pogram ini setiap tahun kita hanya mengeluarkan lebih kurang 500 ribu sertikat se Indonesia.

Jokowi melanjutkan, ditargetkan di tahun 2025 seluruh bidang tanah di Indonesia sudah bersertifikat, termasuk sertifikat untuk tanah dan tempat Ibadah. Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap diluncurkan didasarkan dari keluhan masyarakat banyak tanah yang belum bersertifikat karena susah dan sulit mengurusnya, sehingga banyak sengketa dan konflik tanah.

Sementara Pjs. Walikota Bukittinggi Zainuddin mengatakan, sertifikat merupakan bukti hak yang menjamin kepastian hukum atas tanah yang kita miliki. 

"Melalui program pendaftaran tanah sistematis lengkap ini pemerintah memberikan jaminan kepastian hukum atau hak atas tanah yang dimiliki masyarakat," katanya.

Zainuddin juga memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas kerja keras BPN dalam menjalankan program ini demi pelayanan prima kepada masyarakat. 

Seraya berharap, agar masyarakat yang telah menerima sertifikat dapat menyimpan sertifikatnya dengan baik dan aman serta jika memang dibutuhkan bisa dipergunakan untuk modal usaha nantinya. 

(deb)


Berita Terkait

Baca Juga