Bentuk Tim Khusus, Polisi Usut Tambang Emas Ilegal di Talamau-Pasaman Barat

Bentuk Tim Khusus Polisi Usut Tambang Emas Ilegal di TalamauPasaman Barat Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Pasbar, AKP Fetrizal S.

Covesia.com - Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Pasaman Barat segera menindaklanjuti laporan soal adanya tambang emas ilegal di Jorong Tombang, Nagari Sinuruik, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasbar dengan membentuk tim khusus.

"Kita telah mendapat informasi ini sejak tadi malam, dan tentu hal ini akan segera kita tindaklanjuti," terang Kapolres Pasbar, AKBP Sugeng Hariyadi melalui Kepala Satuan Reserse Kriminal, AKP Fetrizal S, Jumat (30/10/2020).

AKP Fetrizal mengakui, pihaknya juga telah membentuk tim untuk mengecek informasi tersebut langsung ke lokasi.

"Secara hukum sudah jelas melanggar hukum karena melakukan penambangan tanpa izin. Namun untuk kasus ini nanti akan kita lihat lebih lanjut, apakah tambang atau lebih mengarah kepada kerusakan lingkungan," ujar AKP Fetrizal.

Sebelumnya, laporan soal tambang ilegal tersebut telah disampaikan oleh anggota DPRD Pasbar, Baharuddin R kepada Kapolres Pasbar, AKBP Sugeng Hariyadi pada Jumat (30/10/2020) pagi tadi.

Baharruddin yang juga mantan Bupati Pasbar itu meminta pihak kepolisian mengusut tuntas permasalahan ini, karena apabila kejadian ini dibiarkan akan menimbulkan masalah.

"Bisa menimbulkan konflik di tengah masyarakat. Bisa terjadi perpecahan di antara sesama tokoh adat dan masyarakat setempat. Makanya kita berharap pihak kepolisian bergerak cepat," kata dia.

(hri/nod)

Berita Terkait

Baca Juga