Hendak Membersihkan Kebun, Warga Agam Ini Temukan Bunga Bangkai Mekar Sempurna

Hendak Membersihkan Kebun Warga Agam Ini Temukan Bunga Bangkai Mekar Sempurna Foto: Istimewa

Covesia.com - Hendak membersihkan kebun,  warga Jorong II, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam temukan bunga bangkai mekar.

Pemilik Kebun, Yossy Ferawati (30) mengatakan, Minggu (25/10/2020) ia berasama suami sedang membersihkan kebunnya, saat sedang membersihkan ia mencium bau yang sangat menyengat seperti bau bangkai.

“Awalnya kami kira bau ini adalah bangkai babi, karena beberapa hari sebelumnya, di lokasi ini menjadi tempat perburuan babi oleh masyarakat,” ujarnya.

Namun setelah ditelusuri asal bau ia menemukan bunga langka jenis Amorphophallus titanum yang tumbuh di bawah pohon kayu, di pinggang bukit, tepatnya tidak jauh dari pondok peristirahatan.

Mendapat adanya tumbuhan langka pihaknya langsung menghubungi Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA). Untuk penanganan lebih lanjut.

"Saya tau itu bunga langka yang dilindungi Undang - undang jadi saya hubungi BKSDA," katanya lagi.

Sementara itu Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) BKSDA Resor Agam, Ade Putra mengatakan, dari hasil gambar yang dikirim pemilik kebun, bunga tersebut saat ini memasuki fase mekar sempurna pada hari 3 dan fase tersebut akan berakhir antara 3 atau 4 hari kedepan.

"Untuk memastikan kondisi rencananya besok kita akan kelokasi, dari foto yang dikirim bunga memiliki tinggi berkisar antara 1,5 sampai 2 meter," jelas Ade 

Lebih lanjut dijelaskan Ade, Bunga Amorphophallus titanum ini merupakan salah satu jenis tumbuhan yang dilindungi oleh UU Nomor 5 Tahun 1990, tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

“UU Nomor 5 Tahun 1990 ini mengatur tentang, setiap orang dilarang mengambil, menebang, memiliki, merusak, memusnahkan, memelihara, mengangkut, dan memperniagakan tumbuhan yang dilindungi atau bagian-bagiannya dalam keadaan hidup atau mati,” tutupnya. 

(jhn)

Berita Terkait

Baca Juga