Silaturrahmi dengan Warga Sutera Pessel, Fakhrizal: Pendidikan Salah Satu Program Prioritas Saya

Silaturrahmi dengan Warga Sutera Pessel Fakhrizal Pendidikan Salah Satu Program Prioritas Saya Foto: Indra Yen

Covesia.com--Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Fakhrizal-Genius Umar, nomor urut 3 bacakan 19 program prioritasnya saat silahturahmi dengan masyarakat Kenagarian Aur Duri Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Sabtu (24/10/2020). 

Pada kesempatan itu, mantan Kapolda Sumbar Fakhrizal menyampaikan 19 program prioritasnya kepada masyarakat setempat yang hadir. 

Dimana, dari 19 program prioritasnya itu, yang akan menjadi target utamanya adalah soal pendidikan, yaitu satu rumah satu sarjana.

"Pendidikan, menjadi salah satu program prioritas saya bersama bapak Genius Umar," sebutnya saat memberikan kata sambutan di depan ratusan simpatisan yang hadir. 

Menurutnya, pendidikan yang layak mesti didapatkan oleh generasi tanah minang (Sumatera Barat) ini. 

Sebab, dengan pendidikan yang mempuni dan setiap rumah sudah memiliki sarjana. Maka itu akan dapat menumbuhkan ekonomi yang baik bagi setiap keluarga. 

"Karena, kalau setiap rumah sudah memiliki sarjana. Dengan, itu setiap potensi baru terus muncul disetiap keluarga. Dan kekreatifan akan ada untuk membuka peluang keluarga itu sendiri,"ujarnya. 

Selain satu rumah satu sarjana kata Fakhrizal, nanti kalau seandainya dirinya dipercaya memimpin Sumbar, ia juga akan membebaskan biaya sekolah mulai dari SD, SMP dan SMA. 

"Nanti, tidak ada lagi bayar membayar kalau anak-anak kita sekolah. Lebih baik, uang pembayaran sekolah itu dipergunakan untuk keperluan yang lain. Jadi, bagi masyarakat menengah kebawa tidak pusing lagi persoalan biaya sekolah,"ujarnya lagi. 

Kemudian lanjunya, dia bersama Genius Umar, tidak hanya memikirkan persoalan anak-anak yang bersekolah. Akan tetapi, juga akan memperjuangkan guru-guru honorer. 

Dimana, ia akan mengangkat seluruh guru-guru yang terdiri dari Paud, TK, SD, SMP dan SMA untuk disertifikasikan. 

"Seperti diketahui, banyak guru-guru honorer kita saat ini tidak mendapatkan sertifikasi dan digaji cukup kecil. Nah, dengan sertifikasi nantinya guru-guru kita mendapatkan perlakuan yang layak. Karena, guru adalah penentu masa depan generasi muda kita,"ucap Fakhrizal. 

Lanjutnya lagi, nanti ia juga akan lebih memperhatikan lagi Kerapatan Adat Nagari (KAN) yang ada di Sumbar termasuk salah satunya di Pesisir Selatan. 

Sebab, dilihat selama ini budaya Minang dan kekuatan Tigo Tungku Sajarang yang terdiri dari ninik mamak sudah melemah di kalangan masyarakat. 

"Kita melihat budaya kita mulai melemah dikalangan masyarakat, salah satunya, ninik mamak kita. Dengan itu, nanti kita akan memberikan anggaran dan akan memperdayakan KAN di setiap Nagari di Sumatera Barat,"tutupnya.

Dalam silahturahmi Calon Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Fakhrizal yang berda di Kenagarian Aur Duri Surantih, Kecamatan Sutera, terlihat puluhan masyarakat begitu antusias berkomunikasi dengan Fakhrizal. 

Selain masyarakat, beberapa tokoh dan pemuka masyarakat juga turut hadir pada kegiatan silahturahmi Fakhrizal di Kenagarian tersebut. Dan, seluruh yang hadir tampak mematuhi protokoler kesehatan dengan menggunakan masker. 

(ind)



Berita Terkait

Baca Juga