Banjir Rendam Puluhan Rumah Warga di Bonjol

Banjir Rendam Puluhan Rumah Warga di Bonjol Banjir merendam puluhan rumah warga di Nagari Ganggo Hilia, Kecamatan Bonjol, Kabupaten Pasaman, Kamis (22/10/2020) malam

Covesia.comĀ - Banjir dengan ketinggian satu meter merendam puluhan rumah warga di Nagari Ganggo Hilia, Kecamatan Bonjol, Kabupaten Pasaman sejak pukul 20.00 WIB, Kamis (22/10/2020) malam.

Salah seorang warga setempat kepada Covesia.com, Bunga Angraeni mengatakan setidaknya banjir tersebut merendam puluhan rumah yang tersebar di empat Kampung yaitu Kampung Jambak, Kampung Chaniago,

Kampung Talang, Pasa Hilia, dan Simpang Tugu di Nagari Ganggo Hilia, Kecamatan Bonjol.

"Ketinggian banjir bervariasi dari 50 Centimeter hingga satu meter. Yang paling parah dan tinggi banjirnya yaitu di Kampung Jambak, Kampung Chaniago, dan Kampung Talang dengan ketinggian mencapai satu meter," terang Bunga Angraeni.

Bunga mengatakan penyebab banjir itu diakibatkan tingginya intensitas hujan yang mengguyur daerah itu sejak tadi sore.

"Sehingga mengakibatkan meluapnya Sungai Batang Air Padang Bubus, dan Batang Air Malandu lalu menerjang pemukiman masyarakat. Sebab Sungai tersebut berada dipinggir pemukiman warga," tambahnya.

Hingga saat ini kata dia tidak ada korban jiwa dalam musibah banjir tersebut.

"Namun kerugian materi tentu ada. Karena banjir sudah merendam sejumlah barang-barang dan hasil pertanian masyarakat yang tidak sempat diungsikan," katanya.

Saat ini kata dia masyarakat setempat terus berjaga-jaga guna menghindari bahaya banjir tersebut.

"Sebab sampai saat ini air tak kunjung surut dan masih terus meningkat. Makanya kami masih terus berjaga-jaga dan mengungsikan barang rumah tangga sebisanya," katanya.

Sementara jalan lintas Sumatera Bonjol-Bukittinggi didaerah tersebut sepanjang dua Kilometer tidak bisa dilewati roda dua maupun roda empat.

"Sebab banjir masih menggenangi badan jalan. Saat ini antrian panjang tak bisa dielakkan," tutupnya.

(hri)

Berita Terkait

Baca Juga