Penjabat Walikota Pariaman Minta Wisata Tabuik Dimasukan dalam Kalender Event Wisata Nasional

Penjabat Walikota Pariaman Minta Wisata Tabuik Dimasukan dalam Kalender Event Wisata Nasional Ilustrasi ivent hoyak Tabuik di Kota Pariaman ( Foto: dok.covesia)

Covesia.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), meminta pemerintah pusat memasukkan kegiatan wisata budaya Tabuik ke dalam kalender event wisata nasional.

Hal itu disampaikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddi, dalam sambutannya saat dikunjungan Deputi Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Hari Santosa Sungkari di Kota Pariaman, pada Kamis (22/10/2020).

"Event Tabuik dilaksanakan setiap tahunnya di Kota Pariaman, yang mendatangkan ribuan wisatawan," sebut Mardison.

Lanjut Mardison, meskipun Tabuik diselenggarakan setiap tahun dan mendatangkan banyak wisatawan dari berbagai daerah yang tidak saja dari provinsi, namun hingga sekarang kegiatan tersebut belum masuk ke dalam kalender event pariwisata pemerintah pusat.

"Padahal itu bisa membuat Kota Pariaman akan semakin dikenal oleh masyarakat luas," katanya. 

Makanya itu ia berharap Tabuik dapat masuk ke dalam kalender wisata nasional sehingga kegiatan itu lebih dikenal masyarakat luas.

Sementara itu, Deputi Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Hari Santosa Sungkari mengatakan, pihaknya dapat membantu pemerintah daerah dalam pengembangan pariwisata.

"Bantuan tersebut berupa peningkatan sumber daya manusia sama event yang ada harus dibungkus sehingga dikenal secara nasional," ujarnya.

Hari menyebutkan, karena saat ini dalam suasana pandemi Covid-19, maka kunjungan lebih banyak wisatawan nusantara namun tidak menutup kemungkinan adanya wisatawan asing.

"Tapi tetap diterapkan protokol kesehatan agar tercipta rasa aman oleh wisatawan," jelasnya

(per)

Berita Terkait

Baca Juga