Optimalkan Pengawasan Kampanye, Bawaslu Kota Pariaman Gandeng PWI dan Diskominfo

Optimalkan Pengawasan Kampanye Bawaslu Kota Pariaman Gandeng PWI dan Diskominfo Foto: Saat rapat koordinasi Bawaslu Kota Pariaman, diskominfo dan PWI daerah tersebut. Peri.

Covesia.com - Untuk mengoptimalkan informasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) dan pengawasan kampanye, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), menggandeng Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) kota tersebut. 

"Pilkada sekarangkan dimasa pandemi Covid-19 sehingga kami memiliki keterbatasan dalam hal pengawasan, maka kami ingin mengoptimalkan penyebarluasan informasi pilkada dan pengawasan kampanye di media sosial dan internet, dengan menggandeng PWI dan diskominfo," sebut Ketua Bawaslu Kota Pariaman, Riswan usai penandatanganan kesepakatan antara Bawaslu Pariaman dengan PWI dan Diskominfo Kota Pariaman, pada Sabtu (17/10/2020).

Lanjut Riswan, salah satu langkah yang ditempuh pihaknya yaitu dengan mengajak media massa dan organisasi PWI, serta diskominfo dapat memberikan informasi terkait pilkada.

"Hal itu sebagai langkah untuk mengatasi pihak-pihak yang menyebarkan hoaks di media sosial," jelasnya. 

Sebab kata Riswan, indeks kerawanan itu juga berasal media sosial. Jadi untuk mencari tahu kebenaran di media sosial tersebut maka media (wartawan) dapat melakukan penelusuran.

"Karena kami ingin, hal itu bisa memberikan pencerahan kepada masyarakat," ujarnya. 

Sementara itu, Ketua PWI Pariaman, Ahmad Damanhuri mengapresiasi bawaslu yang menginisiasi kerjasama untuk meningkatkan pengawasan Pilkada Sumbar agar pesta demokrasi tersebut berjalan sukses.

"Media massa berupa pengawasan partisipatif," ujarnya. 

Damanhuri juga mengajak wartawan di daerah itu untuk memberikan informasi yang mencerdaskan serta tidak memberitakan yang bersifat adu domba.

Hal senada juga dikatakan Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik Diskominfo Kota Pariaman, Eka Putra Pernanda, bahwa pihaknya juga siap membantu menyebarkan informasi terkait dengan pelaksanaan Pilkada Sumbar.

"Kami bekerjasama dengan banyak media guna penyebarluasan informasi di Pariaman," jelasnya.

(per)

Berita Terkait

Baca Juga