Di Sungai Lasi, Warga Sulap Warung Kopi Jadi Posko Pemenangan Fakhrizal

Di Sungai Lasi Warga Sulap Warung Kopi Jadi Posko Pemenangan Fakhrizal Warga Sulap Warung Kopi Jadi Posko Pemenangan Fakhrizal.

Covesia.com - Entah apa yang ada dalam pikiran, Edy Chaniago, warga Jorong Sungai Lasi, Kenagarian Pianggu, Kecamatan IX Koto Sungai Lasi dalam pilkada Sumbar 2020 ini. Ia rela mensulap warung kopi miliknya menjadi posko pemenangan Calon Gubernur - Wakil Gubernur Sumbar 2021-2024, Irjen Pol (Purn) Fakhrizal - Genius Umar (FaGe-red). Padahal, warung kopi ini biasa ia dan istri mencari rupiah.

Posko relawan ini terletak di jalan Raya Lintas Sumatera. Tak jauh dari Pasar Sungai Lasi. Disini Edy Chaniago Menghimpun kekuatan bersama relawan lain untuk memenangkan Fakhrizal - Genius Umar. Sangat gigih ia berjuang untuk mantan Kapolda Sumbar ini.

Bagaimana perjuangan dan keikhlasan Edy membantu pasangan FaGe ini pun terdengar ke telinga Fakhrizal. Jenderal Niniak Mamak inipun melangkahkan kaki ke Sungai Lasi untuk mengunjungi posko pemenangan yang dibangun Edy, Rabu (14/10/2020). Disini, hadir juga ratusan relawan yang mendaulatkan diri untuk memenangkan FaGe.

Kerelaan Edy membantu Fakhrizal - Genius Umar duduk menjadi Kepala Daerah Tak terlepas pengalaman pribadinya dengan Fakhrizal. Mantan Kapolda ini pernah menyapa dirinya saat berada di Kota Padang. Kala itu, ia tengah menunggu angkot di Pasar Raya. Kebetulan, ada kegiatan Fakhrizal disana dan melintas dekat dirinya.

Perhatian Edy pun teralihkan dengan kegiatan Fakhrizal dan mendekati rombongan Kapolda Sumbar ini. Tanpa disangka, Fakhrizal menepuk bahu Edy dan mengajaknya berdialog. Tak lama berdialog, jenderal Polisi bintang dua ini menanya apakah Edy sudah makan atau belum. Moment inilah yang begitu membekas dihati Edy dan motivasi perjuangan sebagai Relawan FaGe. 

"Darisana saya menilai sosok pak Fakhrizal. Saat menjadi Kapolda, ia begitu peduli dengan orang biasa. Bahkan ditanya apa sudah makan atau belum. Itu bukti pak Fakhrizal menaruh hati kepada semua orang  tanpa melihat status sosial," sebut Edy. 

Untuk membangun posko pemenangan ini, Edy bersama relawan di Sungai Lasi menggunakan dana yang dihimpun dari masyarakat sekitar. 

"Kami perbaiki warung ini sedikit dari uang sumbangan masyarakat yang juga simpati kepada Pak Fakhrizal. Kalau spanduk, memang kami jemput ke Posko Induk di Padang," sebutnya.

Edy mengaku apa yang dilakukannya bersama relawan FaGe di Sungai Lasi ini tak lain bentuk rasa percaya kepada Fakhrizal bisa membawa Sumatera Barat lebih baik. Baginya, pemimpin yang pas untuk Sumbar adalah orang yang menaruh hati dan sosial kepada seluruh masyarakat.

"Saya harap masyarakat Sumbar membuka mata dan hati. Sosok Gubernur yang membawa perubahan telah hadir dan itu adalah Pak Fakhrizal. Karena itulah pak Fakhrizal harus menang dan jadi Gubernur Sumbar," ucapnya.

Disaat Fakhrizal duduk di posko pemenangan Sungai Lasi ini, ia benar-benar tak menyangka. Sapaan kecil yang ia berikan kepada masyarakat biasa, sangat membekas dihati. Sampai-sampai rela mengubah warung kopi miliknya menjadi posko pemenangan.

"Ini membuat saya terharu dan semakin bersemangat. Edy adalah salah satu alasan kenapa saya jadi calon Gubernur. Ada ratusan ribu masyarakat lain di luar sana yang seperti Edy. Mereka yang mendorong saya untuk mencalonkan diri. Ini sangat memotivasi sekali," sebut Fakhrizal yang disambut tepuk tangan oleh masyarakat.

Fakhrizal pun menjabarkan satu persatu visi-misi jika nanti terpilih menjadi gubernur. Dimulai dari memghidupkan kembali anggaran LKAAM, sekolah gratis untuk SLTA, anggaran satu miliar untuk satu kecamatan, satu sarjana di satu rumah, perbaikan infrastruktur, sinyal internet dan lain sebagainya. 

Di penghujung kunjungan di Posko Kemenangan ini, Fakhrizal pun mencoba mengeluarkan beberapa lembar uang untuk mengganti kayu dan bambu untuk perbaikan warung kopi ini menjadi posko pemenangan. Namun, ditolak mentah-mentah oleh Edy dan masyarakat Sungai Lasi.

"Kami tak ingin uang bapak. Kami ingin bapak memajukan Sumbar. Makanya, jadilah bapak sebagai Gubernur. Jikapun nanti bapak ingin ke sini lagi, kami hanya berpesan agar Sungai Lasi bebas dari sinyal Internet," ucap Edy.

Di akhir kunjungan, seluruh relawan FaGe mengajak foto bersama di depan posko pemenangan yang sederhana ini.

(Agg)

Berita Terkait

Baca Juga