Agar Lulusannya Punya Kemampuan Lain, SMKN 3 Kota Pariaman Kembangkan Minat Bakat Siswa

Agar Lulusannya Punya Kemampuan Lain SMKN 3 Kota Pariaman Kembangkan Minat Bakat Siswa Kepala Sekolah SMKN 3 Pariamn (Foto: Peri Musliadi/Covesia)

Covesia.com - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), kembangkan minat bakat siswa agar lulusannya memiliki kompetensi atau kemampuan selain dari yang dipelajari dijurusannya.

"Itulah karakter yang sedang kami kembangkan di SMKN 3 Kota Pariaman ini," sebut Kepala SMKN 3 Kota Pariaman, Rafuddin kepada covesia.com pada Kamis (15/10/2020).

Lanjut Rafuddin, sebab pihaknya ingin siswa yang lulus dari SMKN 3 Kota Pariaman, tidak hanya sekedar tamat saja, namun juga memiliki kompetensi atau kemampuan.

"Seperti contoh, Nissa Sabyan yang merupakan seorang penyanyi dan dia merupakan pelajar SMK. Jadi karena memiliki minat bakatnya itu ia sukses sebagai penyanyi," kata Rafuddin.

Karena kata Rafuddin, orang kalau mempunyai minat terhadap sesuatu dia akan mempertahankan dirinya untuk menjaga hal tersebut.

"Maka itulah yang akan kami kembangkan di SMKN 3 ini. Kemudian tidak itu saja kami di sini memilih dan memilah serta memetakan siswa tersebut. Karakernya seperti apa, karena kami ingin siswa ini tidak hanya bisa bekerja dan punya kopetensi, tapi dia juga memiliki minat yang bisa dikembangkan," ungkapnya. 

Rafuddin mengatakan, dengan adanya minat bakat yang dikembangkan itu, otomatis siswa tersebut pertama mempunyai potensi, kedua punya pertahanan diri, karena itu harga dirinya. 

"Orang kalau sudah berminat terhadap sesuatu, maka ia akan memiliki pertahan untuk menjaganya, itulah karakter yang kami kembangkan di SMKN 3," jelasnya. 

Dikatakan Rafuddin, sekolah harus bisa menjangkau itu, sehingga siswa tersebut nantinya tidak hanya kecakapan hidupnya sesuai dengan jurusannya saja, yang nanti kalau peluang itu tidak ada mereka akan kebingungan. Namun juga mempunyai minat dan bakat yang lainnya setelah lulus dari sekolah. 

(per)

Berita Terkait

Baca Juga