Kajari Pariaman Musnahkan Barang Bukti Narkotika dari 17 Perkara yang Sudah Inkrah

Kajari Pariaman Musnahkan Barang Bukti Narkotika dari 17 Perkara yang Sudah Inkrah Saat pemusnahan barang bukti narkotika di Kantor Kajari Pariaman, Jumat(16/10/2020)(Foto:Peri)

Covesia.com - Kejaksaan Negeri (Kajari), Pariaman melakukan pemusnahaan barang bukti terhadap 17 perkara tindak pidana narkotika di wilayah hukumnya yang telah berkekuatan hukum tetap atau inkrah.

"Total barang bukti narkotika yang kami musnahkan hari ini seberat 5.902,81 gram," sebut Kepala Kejari Pariaman, Azman Tanjung usai pemusnahan barang bukti di halaman kantornya pada, Jumat (16/10/2020).

Lanjut Azman, pemusnahan barang bukti tersebut merupakan yang ketiga kalinya dilaksanakan pada tahun ini.

"Kemungkinan akhir tahun nanti juga akan diadakan satu kali lagi," ujar Azman.

Dikatakan Azman, 5.902,81 gram barang bukti narkotika tersebut, terdiri dari 5.727,32 gram jenis ganja dengan lima perkara. Kemudian 145,9 gram jenis sabu-sabu dari 12 perkara.

"Sisanya narkotika jenis ekstasi seberat 29,9 gram dengan satu kasus," katanya.

Azman menyebutkan, hingga sekarang ini sudah 161 perkara yang telah ditangani pihaknya, dan 30 parsen diantaranya kasus narkotika.

"Dari jumlah kasus tersebut, kasus narkotika mengalami peningkatan," ujarnya.

Menurut Azman, peningkatan kasus narkotika di Pariaman ini ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya, salah satunya Pariaman dan Sumbar pada umumnya adalah daerah perlintasan yang kerap dilewati oleh pelaku membawa narkotika.

"Misal saja dari Aceh menuju Pulau Jawa maka akan lewat di sini, ditambah lagi memang sudah banyak masyarakat kita yang kecanduan barang haram ini," ucapnya.

(per)

Berita Terkait

Baca Juga