KI Sumbar Apresiasi Pengelolaan Informasi Kampus ITP

KI Sumbar Apresiasi Pengelolaan Informasi Kampus ITP Dok. Humas ITP

Covesia.com - Komisi Informasi (KI) Provinsi Sumatera Barat melakukan visitasi evaluasi pelaksanaan keterbukaan informasi publik yang dilaksanakan oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Institut Teknologi Padang (ITP).

Kunjungan yang dipimpin langsung oleh Ketua KI Sumbar Noval Wiska dan didampingi oleh Wakil Ketua KI Sumbar Adrian Tuswandi beserta staf lainnya langsung disambut oleh Wakil Rektor II ITP yang juga sebagai PPID Utama ITP Yusreni Warmi, Dr. Eng dan Ka. Humas ITP Dwi Arini, M.T di Pusal Layanan Terpadu (PLT) Gedung D Kampus I ITP, Jumat (16/10/2020).

Noval Wiska mengatakan, visitasi KI Sumbar ke ITP guna melihat secara langsung pelaksanaan keterbukaan infomasi publik di ITP serta mengecek sarana dan prasarana PPID di ITP.

“Kita ingin lihat, sejauh mana implementasi Undang-undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik di ITP,” ujar Noval.

Noval menilai, pengelolaan PPID ITP semakin meningkat tiap tahunnya. Hal tersebut dibuktikan dengan perkembangan yang signifikan dari pelayanan dan penyajian informasi kepada publik. Tidak hanya itu, media penyajian informasipun terus ditambah melalui website, media sosial, TV Informasi, Banner dan lain-lain.

“Secara keseluruhan pelayanan dan penyajian informasi di PPID ITP sudah sangat bagus, semoga dengan adanya peningkatan tiap tahun dapat menyempurnakan pelaksanaan keterbukaan informasi publik di Sumatera Barat khususnya dari Perguruan Tinggi, Terlebih lagi di tahun ini, ITP kembali masuk sebagai salah satu nominasi Anugerah Keterbukaan Informasi Publik,” terangnya.

Sementara itu, menurut Yusreni Warmi Dr. Eng kujungan KI Sumbar ke PPID ITP dapat menjadi semangat baru bagi ITP untuk terus meningkatkan pelayanan dan penyajian informasi publik kepada masyarakat.

“Masyarakat dapat mengakses informasi ITP melalui website ppid.itp.ac.id ataupun website institusi itp.ac.id. Masyarakat dapat mengisi form permohonan informasi hingga form keberatan secara online atau datang langsung ke PLT ITP,” jelasnya.

Yusreni juga mengapresiasi kepercayaan KI Sumbar yang kembali memilih ITP sebagai salah satu perguruan tinggi yang dinominasikan di Anugerah Keterbukaan Informasi Publik.

“Meskipun PPID ITP masih terbilang baru, namun sejak didirikan pada tahun 2019, ITP telah berhasil masuk nominasi di Anugerah Keterbukaan Informasi Publik, mudah-mudahan tahun ini di ITP bisa menjadi peringkat pertama keterbukaan informasi badan publik kategori perguruan tinggi,” imbuhnya.

(ril)

Berita Terkait

Baca Juga