Kasus Positif Covid-19 di Bukittinggi Alami Penurunan

Kasus Positif Covid19 di Bukittinggi Alami Penurunan Ilustrasi (Covesia)

Covesia.com - Kasus positif Covid-19 di Bukittinggi, Sumbar mulai menurun dibanding beberapa minggu sebelumnya. Setiap hari, memang terjadi penambahan kasus, namun jumlahnya tidak terlalu signifikan.

Pusat Data Covid-19  DKK Bukittinggi, melalui Sekretaris DKK Bukittinggi, dr. Vera, menjelaskan, kasus Covid-19 telah mencalai 500 lebih kasus dengan 10 angka kematian.

"Dalam dua minggu terakhir kasus Covid-19 cenderung menurun. Karena kita pernah mencapai 49 kasus dalam sekali hasil yang dikeluarkan. Namun beberapa minggu selanjutnya turun, berkisar antara 10-15 kasus per harinya," katanya.

Meski kasus menurun, ujar dr. Vera, tidak berarti sudah tidak ada Covid-19 lagi. Namun masih akan ada jika tidak mematuhi protokol kesehatan dan diakui, sehingga angka kesembuhan masih rendah.

dr. Vera menyampaikan kendala saat ini, hasil dari lab cukup lama, karena memang banyak sampel yang diperiksa. Sehingga warga yang telah swab tidak bisa dipastikan sudah isolasi sampai hasilnya keluar. 

Jika seseorang itu, nanti hasilnya terpapar positif covid-19 dan yang bersangkutan tidak isolasi, tentu ada kemungkinan ada penyebaran.

"Semua lelah, masyarakat lelah, nakes lelah, setiap medsos banyak mengeluhkan terkait belum sekolah tatap muka. Karena keputusan pemerintah agar anak-anak kita tidak terpapar, karena rentan terpapar dan pada umumnya, cukup lama untuk mendapat kesembuhan," jelasnya.

Jika semua ingin keluar dari terpaparnya Covid-19, maka ia meminta kesadaran dan kediplinan bersama, jangan sampai keluarga terpapar.

"Kita tingkatkan kedisiplinan untuk patuh terhadap protokol pencegahan Covid-19," imbuhnya.

(deb)

Berita Terkait

Baca Juga