Antisipasi Covid-19, Pegawai Bank Nagari Cabang Lubuk Sikaping Lakukan Swab Massal

Antisipasi Covid19 Pegawai Bank Nagari Cabang Lubuk Sikaping Lakukan Swab Massal Ilustrasi - Dok. Covesia

Covesia.com - Bank Nagari Cabang Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman melakukan tes Swab massal hari ini di Dinas Kesehatan setempat usai menerima informasi lima pegawai Banknya terkonfirmasi Positif Covid-19.

Pimpinan Bank Nagari Cabang Lubuk Sikaping, Austro Minra mengatakan pihaknya sengaja bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dalam pelaksanaan tes Swab Massal pegawai Bank Nagari tersebut.

"Ada sekitar 30 orang pegawai kita hari ini melakukan tes Swab massal di Dinas Kesehatan Pasaman. Sikap ini diambil menyusul adanya lima pegawai Bank Nagari terkonfirmasi Positif hari ini," terang Pimpinan Bank Nagari Cabang Lubuk Sikaping, Austro Minra kepada Covesia.com, Kamis (15/10/2020).

Austro Minra mengatakan sangat meminta kepada seluruh pegawai sampai Satpam sekalipun dikantor itu tetap melaksanakan tes Swab di Dinas Kesehatan.

"Dengan melakukan tes Swab nanti akan kita ketahui mana yang terkonfirmasi positif atau negatif. Sebab kita tidak tahu kondisi kesehatan pegawai kita semuanya. Agar nanti bisa diantisipasi penyebarannya dilingkungan kantor," tambahnya.

Untuk saat ini kata dia pelayanan di Bank Nagari Cabang Lubuk Sikaping tetap dibuka sebagaimana biasanya dengan tetap memperketat protokol kesehatan.

"Layanan nasabah tetap dibuka. Sebab lima pegawai yang positif itu biasanya bertugas di Cabang Pembantu (Capem) Tigo Nagari. Kami juga belum menerima perintah penghentian layanan dari pusat. Namun kita tetap melakukan penyemprotan disinfektan dilingkungan kantor," katanya.

Pihaknya meminta peran serta semua lapisan masyarakat maupun stakeholder lainnya dalam menjalankan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-19).

"Kami menilai akhir-akhir ini kesadaran masyarakat akan protokol kesehatan mulai berkurang saat menjalankan aktifitas sehari-hari diliar rumah. Perlu kita sadari bersama bahwa wabah Covid-19 belum berakhir. Dalam beberapa hari ini kita lihat angkat positif Covid-19 di Sumatera Barat terus meningkat. Maka dari itu untuk memutus mata rantai Covid-19 ini sangat diperlukan peran serta semua pihak dalam mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan," katanya.

Austro Minra melihat masih banyak masyarakat saat hendak melakukan transaksi di Bank Nagari yang mulai tidak mematuhi protokol kesehatan.

"Mulai banyak yang enggan pakai masker. Saat sampai di Bank Nagari ketika ditanyai petugas alasannya lupa lah, ketinggal dan alasan klasik lainnya. Berulang kami sediakan masker. Namun yang masih nakal, terpaksa disuruh petugas mencari masker," tambah Austro Minra.

Pihaknya kata dia terus memperketat protokol kesehatan dan menerapkan Perda AKB kepada setiap nasabah maupun fasilitas kantor dilengkapi sesuai standar protokol kesehatan.

"Sebenarnya penerapan protokol kesehatan ini sesuai arahan Direksi sudah kami terapkan sejak wabah Covid-19 ini melanda tanah air beberap waktu lalu. Untuk dimasa tatanan baru (new normal) ini juga kami perketat agar sama-sama terhindar dari infeksi Covid-19," terangnya.

Ia menyampaikan dari fasilitas kantor sudah dilengkapi hand sanitizer, thermo gun, dan Alat Pelindung Diri (APD) lainnya demi menjaga dari bahaya Covid-19.

"Jadi setiap tamu maupun nasabah dicek terlebih dahulu suhu tubuhnya. Kemudian diwajibkan memakai masker. Jika tidak punya, kami juga memberikan gratis sebagai bentuk edukasi pencegahan Covid-19 kepada masyarakat," tambahnya.

Di samping itu kata dia pihaknya juga sudah memberi batas transparan dimeja pelayanan nasabah untuk menjaga jarak aman karyawan akan bahaya Covid-19.

"Kami juga rutin dua kali minimal dalam satu minggu melakukan penyemprotan fasilitas kantor baik didalam maupun diluar dengan cairan disinfektan. Apalagi ditempat mesin ATM juga sangat dijaga ketat protokol kesehatannya. Sebab mesin ATM juga rentan menjadi media penyebaran Covid-19," katanya.

Sementara Bupati Pasaman, Yusuf Lubis mengaku sangat mengapresiasi atas keseriusan maupun kontribusi pihak Bank Nagari dalam memberantas wabah Covid-19 ini.

"Kami selaku Pemerintah Daerah mengucapkan terima kasih atas perhatian serius serta bantuan dari pihak Bank Nagari dalam memutus mata rantai Covid-19. Semoga wabah Covid-19 ini bisa sesegera mungkin berakhir dari tanah air kita ini," kata Yusuf Lubis.

(hri)

Berita Terkait

Baca Juga