Pilgub Sumbar - KPU: Akan Ada TPS di Lapas Klas IIB Pariaman

Pilgub Sumbar  KPU Akan Ada TPS di Lapas Klas IIB Pariaman Ketua KPU Kota Pariaman, Aisyah

Covesia.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), pastikan akan ada satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Lapas klas IIB Pariaman untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur pada 9 Desember mendatang.

"Pembentukan TPS di Lapas Pariaman itu sesuai dengan Surat Komisi Pemilihan Umum Nomor 818 tentang perlindungan hak pilih bagi lapas," sebut Ketua KPU Kota Pariaman, Aisyah usai penetapan DPT pada Rabu (14/10/2020).

Lanjut Aisyah, makanya itu pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Kepala Lapas klas IIB Pariaman, untuk melakukan pendataan terhadap warga binaan yang ada di lapas itu.

"Dari koordinasi kami mendapatkan sebanyak 390 orang narapidana yang merupakan warga Sumbar. Namun jumlah itu ternyata ada warga diluar Kota Pariaman. Nanti kami akan lakukan koordinasi dengan discapil daerah masing-masing tentang data tersebut," ungkapnya.

Aisyah menyebutkan, dari 390 orang warga binaan itu, 226 bisa diakomodir dan dimasukan kedalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Karena berdasarkan PKPU nomor 17 tahun 2017 warga di lapas itu walaupun hanya mengguna NIK tetap diakomodir oleh KPU.

"Jadi sebanyak 164 sisanya tidak bisa diakomodir oleh KPU, karena mereka tidak memiliki satupun dokumen kependudukan," ujarnya.

Dikatakan Aisyah dengan adanya penembahan DPT di Lapas itu maka TPS Kota Pariaman bertambah satu, jadi jumlah TPS Kota Pariaman untuk Pilkada 2020 ini menjadi 178 TPS.

"Untuk KPPS yang akan bertugas di sana kami juga sudah koordinasikan dengan pihak lapas dimana ada 4 orang KPPS dari masyarakat sekitar lapas, tiga orang dari lapas dan ditambah nanti linmasnya dua orang juga dari lapas," ucapnya.

(pri)

Berita Terkait

Baca Juga