Buaya Dekati Pemukiman Warga, BKSDA Pasang Alat Perangkap

Buaya Dekati Pemukiman Warga  BKSDA Pasang Alat Perangkap Ilustrasi (pixabay)

Covesia.com - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat, memasang dua unit perangkap box trap untuk mengevakuasi empat ekor buaya berjenis (Crocodylus Porosus) di Nagari Aia Bangis, Kecamatan Sungai Beremas, Kabupaten Pasaman Barat.

Kepala BKSDA Resor Agam, Ade Putra mengatakan langkah tersebut diambil guna mengantisipasi adanya korban jiwa yang ditimbulkan oleh Buaya tersebut.

"Perangkap ini dipasang sejak hari Selasa,13 Oktober 2020 kemarin, mengunakan box strap untuk mengevakuasi empat ekor buaya yang tersesat diperairan muara dekat pemukiman warga di Nagari Aia Bangis," terang Kepala BKSDA Resor Agam, Ade Putra, Rabu (14/10/2020).

Ade Putra menjelaskan, menurut laporan warga setempat, ketika air pasang Buaya itu kerap naik ke daratan sekitar pemukiman rumah warga dan memangsa beberapa ekor ternak milik warga setempat.

"Namun ketika air surut, Buaya tersebut tidak dapat kembali ke perairan muara air bangis. Makanya jelas sangat berbahaya bagi jiwa warga yang ada dipemukiman tersebut," tambahnya.

Menurutya, atas kejadian tersebut Camat Sungai Beremas, Afkar melaporkannya ke BKSDA Sumbar yang selanjutnya mendatangi lokasi dengan menurunkan tujuh orang personil.

"Kepada warga agar waspada dan berhati-hati dalam beraktivitas disekitaran lokasi perairan muara Air Bangis dan tidak membuang sisa potongan olahan daging baik ayam, sapi atau ikan disekitar air dipemukiman warga. Karena dapat memancing buaya muncul untuk mencari makan dari sisa olahan daging tersebut," katanya.

(hri)

Berita Terkait

Baca Juga