KI Sumbar Harapkan Sungai Rumbai Terdepan Kelola Informasi Publik

KI Sumbar Harapkan Sungai Rumbai Terdepan Kelola Informasi Publik Ilustrasi

Covesia.com - Tim Visitasi Komisi Informasi (KI) Sumbar mendatangi Nagari Sungai Duo dan Sungai Rumbai, Kabupaten Dharmasraya, Senin (12/10/2020).

Koordinator Tim Visitasi Arif Yumardi didampingi Komisioner Adrian Tuswandi dan verifikator Kiki Eko Saputra menyebutkan, pihaknya melakukan penilaian tahap tiga dalam rangka Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2020.

“Ada dua metode di tahapan visitasi ini yakni uji faktual dokumen dan menggali 5K (Komitmen, Koordinasi, Kolaborasi, Komunikasi dan Konsistensi) badan publik yang dikunjungi,” ujar Arif Yumardi di Kantor Pemerintahan Nagari Sungai Rumai.

Badan publik Nagari Sungai Duo dan Sungai Rumbai termasuk langganan nominasi Monev KI Sumbar menuju Anugerah Keterbukaan Informasi Publik.

“Sungai Duo termasuk langganan anugerah ini. Kami berharap ada semangat untuk meraih brevet badan publik informatif,” ujar Arif.

Wali Nagari Sungai Duo Ali Imran dalam paparannya mengaku sangat tersanjung masuk nominasi penilaian KI Sumbar lagi.

“Terus terang masih banyak yang harus diperbaiki, walau Nagari Sungai Duo menjadi Nagari Statistik percontohan di Indonesia. Untuk penguatan keterbukaan informasi publik kami akan terus berbenah,” ujar Ali Imran.

Sementara itu saat menggali 5K di Nagari Sungai Rumbai, tim visitasi mendapatkan pemaparan yang cukup dari Sekretaris Pemerintahan Nagari Randi Febrianto.

“Kami terus belajar dan siap bersaing dengan nagari lain di Sumbar dalam penilaian keterbukaan informasi publik dari Komisi Indormasi Sumbar,” imbuhnya.

Menurutnya, Sungai Rumbai mampu memberikan akses lewat online kepada masyarakat nagarinya.

Merespons itu, Adrian Tuswandi berharap Sungai Rumbai mesti terdepan dalam pengelolaan informasi publik.

“Tidak ada keindahan selain terbuka dalam mengelola pemerintahan apalagi mengelola uang negara,” ujar Adrian.

Komisioner Komisi Informasi dua periode ini berharap Sungai Rumbai menjadi teras keterbukaan informasi publik.

“Di batas provinsi Sumbar-Jambi ini kami berharap pemerintahan nagari menggelorakan bahwa Sungai Rumbai adalah teras keterbukaan informasi publik Sumbar bagian timur. Mampu mengelola informasi publik berdasarkan Perki 1 Tahun 2018 tentang Standar Layanan Informasi Desa,” ingat Adrian.

(ril)

Berita Terkait

Baca Juga