Warga Solsel Minta Sediakan Lapangan Kerja, Fakhrizal: Saya Siapkan untuk Seluruh Sumbar

Warga Solsel Minta Sediakan Lapangan Kerja Fakhrizal Saya Siapkan untuk Seluruh Sumbar Fakhrizal saat menggelar pertemuan di Solok Selatan, Senin (12/10/2020).

Covesia.com - Calon Gubernur Sumatera Barat 2021-2024, Irjen Pol (Purn) Fakhrizal, Senin (12/10/2020) malam, menggelar pertemuan dengan masyarakat Kabupaten Solok Selatan di Hotel Pesona Alam Sangir, Senin (12/10/2020) malam. Pertemuan ini digelar untuk menyatukan niat untuk memenangkan Fakhrizal-Genius Umar dalam kancah Pilkada Sumbar tahun 2020 ini.

Namun dalam pertemuan ini ternyata masyarakat banyak yang mengeluarkan unek-unek dan persoalan Solok Selatan yang sedari dulu tak juga terselesaikan. Selain persoalan jalan, masyarakat mengeluhkan persoalan lapangan kerja. Rasa ketidakpuasan masyarakat tampak setelah beberapa perwakilan mempresentasikan kekayaan alam Solok Selatan yang melimpah, tetapi angka pengangguran cukup tinggi di sini.

"Alam kami (Solok Selatan-red) ini kaya pak. Ada tambang, perkebunan, potensi wisata dan lainnya. Tapi kami banyak yang nganggur," sebut Rizki, pemuda asal Lubuk Gadang, Sangir kepada Fakhrizal. 

Disambungnya, saat ini perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Solok Selatan lebih memilih mendatangkan orang luar Solok Selatan untuk ditampung sebagai karyawan. Hal ini terjadi hampir seluruh perusahaan di Solok Selatan. Baik di sektor pertambangan, perkebunan, perbankan, keuangan dan lainnya.

"Jadi bagaimana solusi soal ini pak?. Mereka yang membuka lapangan pekerjaan malah lebih tertarik menerima orang luar daripada pribumi," sebut Rizki.

Mendengar hal ini, Fakhrizal langsung menyebutkan apa yang disampaikan oleh Rizki sudah menjadi keluhan yang global bagi masyarakat Sumbar. Persoalan ini tak hanya dirasakan oleh masyarakat Solok Selatan. Tetapi daerah lain juga demikian.

Karena itulah, Fakhrizal - Genius Umar mencatat 19 program unggulan yang bersentuhan langsung dengan penyediaan lapangan kerja. Selain memberdayakan UMKM, Fakhrizal Juga membuka pintu bagi investor untuk menanam modal. Dengan demikian, lapangan pekerjaan akan tersedia.

Namun, jika benar Fakhrizal - Genius Umar ditakdirkan yang maha kuasa memimpin Sumatera Barat tahun 2021-2024, akan ada peraturan daerah (Perda) yang mengikat investor untuk pro pribumi. Seperti pembagian hasil kepada nagari dan pemilik ulayat, seleksi karyawan yang memprioritaskan pribumi, sistem sewa lahan tanpa membeli lahan. Memperketat AMDAL dan IPAL agar lingkungan tidak rusak.

"Jadi kita undang investor untuk menanam modal. Tetapi tidak menggadaikan kesejahteraan pribumi. Saya sudah pikirkan bagaimana skenario win-win solution. Jadi sama-sama untung. Pengusaha buka lapangan kerja, pribumi dapat kerja. Hak-hak pekerja juga akan kami pantau, jika tidak tercukupi kita bisa tegur perusahaan," sebut Fakhrizal.

Dalam penerimaan karyawan, Fakhrizal juga menyampaikan agar masyarakat Solok Selatan juga harus meningkatkan kualitas diri. Guna menekan orang luar yang bekerja di Solok Selatan.

"Jangan ngeluh, tapi jadikan cambuk buat kita bersama. Tingkatkan kualitas diri dan buktikan kita juga bisa seperti mereka. Jadi perusahaan tidak akan bisa berkilah. Apalagi sudah diikat dengan Perda. Insya Allah, Jika terpilih jadi Gubernur, Perda ini yang saya terbitkan segera. Ini program prioritas saya," ucapnya.

Selain itu, Fakhrizal juga mencanangkan program satu rumah satu sarjana. Program ini bisa merangsang kehidupan masyarakat jangka panjang. Dengan peningkatan SDM, lapangan kerja tak lagi tertumpu pada investor dari luar. Tetapi langsung generasi muda ini lah yang menciptakan lapangan kerja nantinya.

"Jadi jangka pendek dan jangka panjang bagaimana persoalan lapangan kerja ini sudah mulai saya rancang bersama Genius Umar," ulas Fakhrizal.

Mendengar Jawaban Fakhrizal ini, Masyarakat yang hadir dalam pertemuan langsung memberikan semangat agar Fakhrizal - Genius Umar menjadi pemenang dalam pilkada sumbar tahun 2020.

"Insya Allah kami semua yang hadir disini akan dukung bapak dan jadi relawan bapak. Tapi mohon wujudkan permintaan kami. Sediakan lapangan kerja yang banyak untuk masyarakat," teriak salah seorang masyarakat.

Sembari melihat kepada masyarakat yang berteriak tersebut, Fakhrizal langsung menyatakan siap untuk mewujudkan rancangan tenaga kerja yang ia sampaikan barusan di seluruh Sumbar, termasuk di Solok Selatan.

"Tak hanya di Solok Selatan. Tetapi seluruh Sumbar saya siap," kata Fakhrizal yang disambut tepuk tangan oleh ratusan masyarakat.

(Agg).

Berita Terkait

Baca Juga