Petani Gunung Medan Dukung Program Panji-Yos Pupuk Subsidi Dibayar Pasca Panen

Petani Gunung Medan Dukung Program PanjiYos Pupuk Subsidi Dibayar Pasca Panen Calon Bupati Dharmasraya nomor urut satu Panji Mursyidan sengaja menyempatkan diri bertemu puluhan petani di Jorong Ganting Nagari Gunung Medan, Sabtu (10/10) kemarin

Covesia.com - Calon Bupati Dharmasraya nomor urut satu Panji Mursyidan sengaja menyempatkan diri bertemu puluhan petani di Jorong Ganting Nagari Gunung Medan, Sabtu (10/10) kemarin.

Para petani yang tergabung dalam Keltan Sinar Pagi Satu dan Keluarga Saiyo itu sumringah karena mereka didatangi calon bupati muda yang namanya makin melejit itu. 

Sekretaris Keltan Sinar Pagi Satu, Hendri Gumekar, mengaku bangga karena Panji berkenan hadir dan mau mendengar aspirasi mereka. “Mokasih pak Panji lah tibo di sawah kami ko. Memang banyak nan ingin kami sampaikan tarutamo soal pupuk ko, (terimakasih pak Panji, telah tiba di sawah kami ini. Memang banyak yang ingin kami sampaikan, terutama soal pupuk)," ujarnya.

Selain soal sulitnya pupuk, menurut Hendri, dari segi infrastruktur saluran irigasi di areal persawahan mereka kurang lancar. Belum lagi jalan usaha tani yang penuh dengan kubangan lumpur.

Di kawasan itu terdapat sekitar 80 hektar area persawahan. Masalah lain yang sering muncul yakni sering anjloknya harga jual padi serta kekurangan alsintan.

Menangapi aspirasi petani tersebut, Panji memaparkan salah satu programnya di bidang pertanian yakni pemberian pupuk bersubsidi yang bisa dibayar setelah petani panen. 

“Jadi pupuk bersubsidi akan dipinjamkan oleh pemerintah sampai apak-apak panen. Kalau lah panen, baru apak dan ibuk bayia,” ujarnya. 

Mendengar hal itu, para petani mengaku puas dan memuji gebrakan Panji tersebut. Mereka mendukung Panji sepenuhnya agar dapat merealisasikan program nyata bagi para petani tersebut.

“Penyampaian program Pak Panji ko lai muwa kami tongkok dan iko harapan kami loh ma. Kita dukuang basamo supayo Pak Panji monang,” tegas Hendri yang disambut antusias para petani.

(ril)

Berita Terkait

Baca Juga