Ratusan APK Cagub dan Cawagub Sumbar Ditertibkan Bawaslu Kota Pariaman

Ratusan APK Cagub dan Cawagub Sumbar Ditertibkan Bawaslu Kota Pariaman Foto: Saat Bawaslu Kota Pariaman menertibkan APK Cagub dan Cawagub. Peri.

Covesia.com - Sebanyak 709 alat peraga kampanye (APK) milik pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), yang ditertibkan oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Pariaman, bersama TNI, Polri dan pemerintah setempat pada Sabtu (10/10/2020) kemaren. 

"Jumlah tersebut berkurang dari hasil identifikasi yang kami lakukan. Sebab hasil identifikasi kami jumlah APK 965," sebut Ketua Bawaslu Pariaman Riswan pada Minggu (11/10/2020).

Lanjut Riswan, pengurangan ini karena partai pengusung dan tim pemenangan sudah ada yang membuka APK secara mandiri.

Dirincikan Riswan, pada pendataan sebelumnya jumlah APK Cagub dan Cawagub Sumbar yang dipasang di Kota Pariaman yang 965 buah tersebut yaitu, 274 baliho, 21 billboard, 12 umbul-umbul, dan 658 spanduk.

Sedangkan rincian APK Cagub dan Cawagub Sumbar yang ditertibkan pada Sabtu kemarin dari 709 buah tersebut yaitu, 156 baliho, 19 billboard, 1 umbul-umbul, dan 533 spanduk.

Dikatakan Riswan, karena jumlah alat peraga yang ditertibkan relatif sedikit, sehingga pihaknya bersama pihak terkait menertibkan hanya dalam waktu satu hari.

"Target kami untuk penertiban ini memang satu hari selesai," ujarnya.

Apalagi sejumlah partai politik dan tim pemenangan Cagub dan Cawagub Sumbar sudah ada yang menertibkan APK-nya secara mandiri sehingga dapat membantu pihaknya dalam penertiban.

Riswan menyebutkan, sebelum penertiban tersebut pihak Bawaslu Kota Pariaman telah meminta partai pengusung dan tim pemenangan untuk membuka APK Cagub dan Cawagub yang diusung pada Pilkada Sumbar 2020 secara mandiri.

(per) 

Berita Terkait

Baca Juga