Polres Pasaman Gagalkan Peredaran 100 Paket Besar Ganja

Polres Pasaman Gagalkan Peredaran 100 Paket Besar Ganja Polres Pasaman usai menggagalkan 100 Paket Besar Ganja, Sabtu (10/10/2020)(Foto: Istimewa) (Ist)

Covesia.com - Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat kembali berhasil menggagalkan peredaran sekitar 100 Paket Besar Narkotika Golongan I jenis Ganja di daerah itu.

Kapolres Pasaman, AKBP Dedi Nur Andriansyah, mengatakan penangkapan dalam kasus tindak pidana penyalahgunaan Narkotika itu dilakukan di jalan lintas Sumatera Medan Bukittinggi yang bertempat di Gunung Tua Jorong Selamat, Kenagarian Stombol, Kecamatan Padang Gelugur sekira pukul 04.30 WIB, Sabtu (10/10/2020) pagi hari tadi.

"Dalam operasi penangkapan itu berhasil diamankan seorang tersangka yang berinisial MI (44) warga Birugo, Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh, Kota Bukitinggi," terang Kapolres AKBP Dedi Nur Andriansyah, melalui Kasatres Narkoba, Iptu Syafri Munir, SH.

Dari tangan tersangka kata Iptu Syafri Munir berhasil diamankan Barang Bukti (BB) berupa 100 Paket besar yang diduga Narkotika jenis Ganja kering yang di balut lakban coklat.

"Diperikarakan beratnya mencapai 103 Kilogram. Kemudian satu unit Mobil minibus merek suzuki karimun warna hitam dengan no polisi BA 1676 CQ dan satu buah dompet kulit warna hitam yang berisikan uang sejumlah Rp. 250.000,- ribu," tambahnya.

Operasi penangkapan itu kata dia berawal dari saat Sat Resnarkoba mendapat informasi bahwa akan ada pengiriman Narkotika jenis Ganja kering yang akan melewati kabupaten Pasaman.

"Kemudian Sat Resnarkoba melakukan penyelidikan dan melakukan penyisiran di sepanjang jalan di Kecamatan Rao, Pasaman. Dan sewaktu melakukan pengintaian lalu melintas satu unit mini bus merek suzuki karimun dengan nomor polisi BA 1676 CQ . Maka  langsung dilakukan pengejaran thdp kendaraan tersebut," katanya.

Saat dilakukan pengejaran anggota Sat resnarkoba menyuruh pengemudi kendaraan tersebut untuk berhenti di TKP.

"Setelah dilakukan pengeledahan terhadap pengemudi MI (44), anggota menemukan enam buah karung goni palstik warna putih yang berisikan paket paket yang diduga narkotika jenis Ganja yang di bungkus dengan lakban warna coklat sebanyak 100 paket besar," katanya.

Dari pengakuan dari tersangka, paket Ganja tersebut adalah Narkotika jenis Ganja yg dibawa dari Kabupaten Madina, Sumut dengan tujuan ke wilayah Sumatera Barat. 

"Setelah dilakukan penghitungan yang disaksikan oleh kepala jorong dan warga setempat paket seluruhnya berjumlah 100 paket dengan berat sekitar 103 Kilogram. Saat ini anggota Sat Resnarkoba masih mendalami kepada siapa paket ganja kering tersebut akan diserahkan," katanya.

Selanjutnya Tersangka beserta barang bukti saat ini sudah dibawa ke polres Pasaman guna proses penyidikan selanjutnya.

(hri/don)


Berita Terkait

Baca Juga